Generasi Muda Didorong Menjadi Pahlawan Bantu Memerdekakan dari Persoalan Bangsa

Pendidikan057 views

Inionline.id – Generasi muda diharapkan dapat menjaga spirit pahlawan. Tugas generasi muda tidak lagi memerdekakan bangsa seperti pahlawan terdahulu.

“Spirit awal pahlawan kita adalah memerdekakan diri dari penjajahan. Sekarang kita sudah merdeka dan berdaulat secara formal,” kata Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta, Edy Suandi Hamid, Kamis, 10 November 2022.

Namun, dia menilai Indonesia belum sepenuhnya merdeka secara subtantif. Dia menyebut masih banyak persoalan bangsa yang mesti dihadapi.

Edy mengatakan pemuda bisa mengambil peran untuk menjadi pahlawan atas berbagai persoalan bangsa. “Oleh karena itu spirit kejuangan pahlawan itu kini harus dimaknai dan dilakukan generasi sekarang dan generasi penerus untuk memerdekakan bangsa ini dari persoalan besar yang masih melilitnya,” tutur dia.

Dia memaparkan sejumlah persoalan yang masih dihadapi, yakni kemiskinan, kebodohan, hingga keterbelakangan. Selain itu, generasi muda juga mesti memerdekakan diri dari praktik korupsi yang merajalela.

“Kemudian memerdekakan diri dari oligarki yang berkuasa atau menunggangi kekuasaan dan sebagainya,” ujar Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu.