Berikut Daftar Lima Produk Apple yang Akan Dinonaktifkan Tahun Ini

Iptek257 views

Inionline.id – Sejumlah produk baru Apple diluncurkan. Seperti Mac Studio dan Apple Watch Ultra.

Namun terdapat beberapa produk Apple lainnya yang berhenti beredar sepanjang 2022. Kami merangkum lima produk Apple yang akan dinonaktifkan tahun ini seperti dilansir dari MacRumors pada Jumat (11/11).

iMac 27 inci

Setelah pengenalan Mac Studio dan Studio Display pada bulan Maret, Apple menghentikan iMac 27 inci, yang merupakan model iMac terakhir dengan prosesor Intel.

Sebelumnya, iMac Pro juga dihentikan tahun lalu. Dengan demikian, hanya iMac 24 inci dengan chip M1 yang saat ini menjadi satu-satunya komputer desktop all-in-one yang dijual Apple.

Namun, sumber terpercaya seperti Mark Gurman dan Ming-Chi Kuo telah mengklaim bahwa iMac Pro akan kembali pada tahun 2023.

iPod Touch

Pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2001. iPod adalah salah satu produk Apple yang paling ikonik. Tetapi penghentian perangkat ini tak terelakkan dari waktu ke waktu. Mengingat munculnya beragam produk Apple yang sekarang dapat memutar musik, termasuk iPhone, iPad, Apple Watch, HomePod mini, dan lainnya. Generasi terakhir iPod touch diperkenalkan pada Mei 2019.

Apple mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan iPod touch pada bulan Mei, dan perangkat tersebut telah dihapus dari situs web Apple pada bulan Juni. iOS 16 tidak kompatibel dengan model iPod touch apa pun, menandai berakhirnya kompatibilitas perangkat lunak untuk pemutar musik portabel.

Apple Watch Edition

Bersamaan dengan peluncuran Apple Watch Ultra baru dengan casing titanium pada bulan September, lini Apple Watch Edition pun dihentikan.

Untuk diketahui, Apple Watch Edition diluncurkan sejak tahun 2015. Selama bertahun-tahun, model ini menonjolkan diri dengan pilihan bahan casing kelas atas seperti emas, keramik, dan titanium.

Kini, Apple Watch Ultra menjadi satu-satunya model yang menawarkan casing titanium, sementara model Hermès tetap tersedia sebagai opsi yang lebih mewah.

Apple TV HD

Setelah peluncuran Apple TV 4K generasi ketiga pada bulan Oktober, Apple menghentikan model lama Apple TV HD yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015.

Apple TV 4K baru dibanderol mulai dari Rp2 juta. Sedangkan Apple TV HD dihargai Rp2,3 juta sebelum dihentikan. Awalnya diluncurkan sebagai Apple TV 4th Gen, kemudian diubah namanya menjadi Apple TV HD sebagai Apple TV pertama dengan tvOS, App Store, dan remote yang mendukung Siri.

5W Power Adaptor

Apple tampaknya telah menghentikan pengisi daya atau adaptor 5W ringkasnya untuk iPhone di AS sekitar Agustus lalu karena telah terjual habis sejak saat itu.

Apple terakhir kali menyertakan adaptor 5W melalui iPhone 11. Tidak seperti pengisi daya USB-C Apple yang lebih baru, adaptor 5W dilengkapi dengan port USB-A dan tidak mampu mengisi daya dengan cepat.

Sementara itu, model iPhone 11 Pro hadir dengan pengisi daya USB-C 18W yang lebih cepat dan Apple sama sekali tidak menyertakan adaptor pada iPhone 12 dan yang lebih baru.