Hasil Survei, Menurut Generasi Z Airin Punya Kans Maju Di Banten

Inionline.id, Banten—-Mantan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, menjadi figur calon Gubernur Banten yang paling banyak mendapat dukukungan dari generasi _centennial_ atau generasi Z. Dukungan tersebut sebagai respons generasi Z atas keputusan Airin yang memilih maju sebagai calon gubernur dalam kontestasi Pilkada Banten 2024.

Bahkan, hasil kajian Media Survei Indonesia, kans Airin memenangkan kontestasi Pilkada Banten 2024 terbilang tinggi. “Peluang Airin menang di Pilkada Banten 2024 cukup terbuka,” kata Direktur Media Survei Indonesia, Asep saat berbincang dengan media, Sabtu (12/11)

Tingginya kans tersebut turut dilatari tingginya dukungan dan penerimaan generasi Z atas keputusan Airin menjadi calon Gubernur Banten.

Pada temuan lain, kelayakan Airin menjadi calon Gubernur Banten di mata generasi Z membuat Ketua DPP Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) itu lebih memikat dari nama-nama lain.

“Airin ini menarik. Dia punya political charming (pesona politik). Selain cantik, Airin punya public speaking yang bagus. Dia tahu cara berkomunikasi dengan masyarakat, termasuk generasi Z,” ungkap Asep.

Tingginya daya tarik Airin, dinilai analis politik dari Stratak Indonesia Octarina Soebardjo, turut berdampak pada banyaknya masyarakat yang mencari akses informasi. Efeknya, Airin kerap menjadi perbincangan di media sosial dan media pemberitaan.

Hal tersebut dinilai positif oleh Octarina. Menurutnya, tingginya antusiasme publik tak terlepas dari sosok Airin yang menjadi magnet. Ini sekaligus dampak keberhasilan Airin memimpin Tangerang Selatan selama dua periode.

“Antusiasme publik tidak dapat dilepaskan dari sosok Airin yang mempunyai magnet politik, sehingga kehadirannya disambut baik dan mendapatkan respons positif,” ungkapnya.

Pada sisi lain Octarina menyebut reaksi pesaing atau bakal lawan tanding Airin di pilkada Banten juga cukup beragam, hanya pada umumnya reaksi yang muncul adalah penerimaan. Setelah sempat gonjang-ganjing ramai dengan isu perpecahan keluarga bahkan majunya Airin dianggap menyingkirkan anggota keluarga lain, kini fakta di lapangan adalah Airin akseptabel. Kawan menyambut semangat sementara lawan sendiri belum menceburkan diri ke arena karena menganggap pertandingan final masih jauh.

“Yang tak bisa dibantah sekarang ini adalah kenyataan bahwa siapapun yang akan maju di pilgub Banten pilihannya bersama Airin atau melawan Airin,” pungkasnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *