Soal Status Pandemi di Indonesia Jokowi Minta Menkes Konsultasi ke WHO

Berita157 views

Inionline.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkonsultasi dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengenai status pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia.

“Presiden minta saya untuk konsultasi dengan Dirjen WHO. (Presiden juga) bilang kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari prokes (protokol kesehatan,red) bisa dilakukan,” kata Budi di Istana Kepresidenan Jakarta dilansir Antara, Senin (3/10).

Budi mengatakan keputusan terkait status pandemi di Indonesia tetap ada di tangan WHO. WHO, kata dia, punya wewenang untuk menyatakan kapan bisa dicabut secara resmi.

“Khusus mengenai pandemi karena ini sifatnya dunia, nanti WHO yang akan memberikan timing-nya kapan,” katanya.

“Pandemi itu di WHO ada namanya public health emergency of international concern. Itu nanti biasanya kapan dicabut dia akan diresmikan,” tambahnya.

Selain itu, Budi mengatakan rencana masyarakat tak lagi diwajibkan menggunakan masker bergantung pada keputusan Jokowi.

“Itu tergantung Bapak Presiden,” kata dia.

Sebelumnya, Jokowi sempat mengatakan terdapat kemungkinan dalam waktu dekat Pemerintah Indonesia bakal menyatakan pandemi COVID-19 berakhir. Namun, Jokowi tak merinci kapan status itu akan dicabut.

“Pandemi memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi kita akan nyatakan pandemi sudah berakhir,” ujar Jokowi saat menghadiri Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Jakarta.