Berikut 10 Trik dan Fitur Telegram yang Mungkin Belum Diketahui

Iptek257 views

Inionline.id – Telegram rupanya memiliki begitu banyak fitur canggih, yang menjadikannya sebagai salah satu aplikasi kirim pesan terbaik untuk smartphone. Fitur apa sajakah itu?

Untuk kamu, kami telah menyusun daftar fitur, kiat, dan tekniknya berikut ini:

Bertemu Orang Baru

Dengan bantuan fitur People Nearby, kamu dapat menggunakan Telegram untuk terhubung dengan orang baru selain teman. Menu ini menampilkan pengguna Telegram terdekat yang ingin mengobrol dengan orang lain.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus masuk ke bagian People Nearby di Telegram dan menunggu profil diperbarui sebelum bertemu orang baru. Kamu juga perlu mengatur profil agar bisa terlihat oleh kontak asing.

Urutkan Obrolan ke Dalam Folder

Telegram memungkinkan kamu mengatur percakapan berdasarkan folder dengan kendali atas folder yang kamu buat, namanya, dan obrolan yang kamu tempatkan di dalamnya, misalnya membuat folder untuk obrolan kantor dan obrolan keluarga.

Pada perangkat Android, masuklah ke pengaturan dan pilih menu Folder untuk mengatur obrolan Telegram. Sedangkan pada iPhone atau iPad, kamu tidak perlu mengakses pengaturan, cukup ketuk lama tab Obrolan hingga menu ditampilkan.

Game Built-In

Gunakan Telegram untuk memainkan berbagai mini-game jika tidak ada orang yang dapat diajak bicara, kamu bisa mencoba bot @gamee dan @gamebot. Cukup mulai percakapan dengan salah satu dari dua bot ini untuk memilih apakah kamu ingin bermain sendiri atau dengan teman. Karena ukurannya kecil, pengunduhan akan berlangsung cepat dan berfungsi langsung di jendela Telegram.

Buat Tema Sendiri

Ada banyak pilihan dalam hal ini, yang semuanya dapat ditemukan di bagian Obrolan pada iOS atau menu Penampilan pada Android. Pilihan sederhana adalah memilih dari berbagai skema warna. Kamu juga dapat mengaktifkan mode edit saat menggunakan Telegram dengan memilih Buat Tema Baru dari menu.

Import Chat Whatsapp Ke Telegram

Fitur ini hadir di Telegram versi 7.4: mentransfer obrolan WhatsApp ke Telegram. Prosedur dimulai dari WhatsApp, dimana kamu perlu membuka obrolan dan memilih untuk memasukkan file dari menu Ekspor Obrolan. Kemudian, bagikan file dengan Telegram dan aplikasi akan mengenali bahwa percakapan tersebut berasal dari WhatsApp dan menanganinya.

Hapus Chat Secara Otomatis

Karena Telegram adalah utusan cloud, pesan kamu akan tetap ada di sana tanpa batas waktu jika tidak menghapusnya. Tetapi, kamu bisa memilih penghapusan otomatis untuk membatasi berapa lama riwayat obrolan akan tersedia dengan menekan Kosongkan Obrolan, pilih periode waktu dan klik ‘Aktifkan Hapus Otomatis’.

Sembunyikan Pengirim Forward Message

Tentukan pesan yang ingin kamu forward, setelah kamu mengetuk pratinjau yang muncul sebelum mengirim, sebuah menu akan muncul menawarkan opsi memperlihatkan atau menyembunyikan deskripsi pengirim sehingga kamu dapat menentukan pilihan sebelum meneruskan pesan.

Hilangkan Notifikasi “Kontak telah Bergabung dengan Telegram”

Jika kamu bosan menerima notifikasi bahwa seseorang bergabung dengan Telegram, matikan pemberitahuan tersebut melalui bagian Notifikasi dan Suara di Pengaturan, lalu nonaktifkan opsi ‘kontak bergabung dengan Telegram’ di bawah bagian Acara.

Arsip Otomatis untuk Pesan dari Orang Asing

Kamu harus mengakses bagian Privasi dan Keamanan di pengaturan Telegram. Untuk membungkam dan mengarsipkan pesan dari orang asing, aktifkan Arsipkan dan Bisukan di bawah bagian ‘Obrolan Orang Asing Baru’.

Bersihkan Ruang Telegram

Kamu dapat menghapus semua cache di bagian Penggunaan Penyimpanan Opsi Telegram, bersama dengan opsi Keep Media. Ini memungkinkan kamu untuk menentukan jumlah hari yang diinginkan untuk menyimpan gambar, video, dan file lain setelah akses terakhir ke sana.