Penilaian Akhir Calon Pj Pengganti Anies akan Dipimpin Langsung Presiden Jokowi

Berita157 views

Inionline.id – Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga mengatakan Presiden Joko Widodo akan langsung memimpin Tim Penilai Akhir (TPA) untuk menentukan calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

“Nanti Bapak Presiden memimpin langsung pembahasan bersama lembaga atau kementerian terkait untuk diputuskan, karena kewenangannya ada di presiden,” ujar Kastorius di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (14/9).

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 177 Tahun 2014 tentang Tim Penilai Akhir dijelaskan bahwa tim akan diketuai langsung oleh Presiden.

Sementara, Wakil Presiden bakal menjadi wakil ketua, serta Sekretaris Kabinet menjadi sekretaris tim. Kemudian, tim ini beranggotakan Menteri Sekretaris Negara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), serta Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Satu anggota tidak tetap diisi oleh menteri teknis atau pimpinan instansi pengusul.

Tim ini memiliki tugas membantu presiden dalam memilih dan menetapkan calon pimpinan tinggi utama dan pimpinan tinggi madya.

Diketahui, bakal ada enam nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta. Tiga nama usulan dari DPRD DKI Jakarta, tiga lainnya dari Kemendagri.

Kasto mengatakan pihaknya baru saja menerima tiga nama calon penjabat usulan DPRD. Tiga nama itu yakni; Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

Sementara, tiga nama calon Pj Gubernur DKI usulan Kemendagri sampai saat ini belum diketahui. Menurut Kasto internal Kemendagri masih membahas mengenai hal tersebut.

“Kita sedang berproses untuk itu. Belum saya katakan nama-nama dari Kemendagri,” tuturnya.