Usai Viral Keluhan Warganet KAI akan Mengganti Kursi Tegak Kereta Ekonomi

Berita257 views

Inionline.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero akan memperbarui sarananya dengan mengganti kereta ekonomi baru demi kenyamanan penumpang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan peremajaan ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan selama dalam perjalanan.

“Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, KAI selalu berupaya untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan dalam berbagai aspek. Kali ini, KAI akan membeli kereta-kereta baru kelas ekonomi untuk menggantikan sarana yang sudah lama beroperasi,” ujar Joni Martinus dalam keterangan resmi, Kamis (25/8).

Tercatat saat ini KAI memiliki 1.346 unit kereta penumpang, di mana 22 persen kereta tersebut sudah cukup lama dioperasikan sehingga perlu peremajaan. Dari seluruh jumlah unit kereta penumpang yang KAI miliki, 58 persen merupakan kereta kelas ekonomi yaitu sebanyak 831 unit kereta.

Joni mengatakan pihaknya masih mendata jumlah kereta yang akan dibeli untuk menggantikan kereta-kereta yang telah lama dioperasikan tersebut.

Rencana pembelian kereta ekonomi baru ini juga merupakan salah satu langkah KAI untuk memenuhi harapan pelanggan yang terus pulih setelah sebelumnya terdampak pandemi covid-19.

Dalam melanjutkan transformasi perusahaan, KAI akan terus mendengarkan berbagai masukan dari pelanggan.

“KAI akan terus berinovasi dalam mengembangkan berbagai layanan dan beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga pelanggan dapat lebih nyaman selama dalam perjalanan menggunakan KA,” kata Joni.

Sebelumnya, ramai di jagat Twitter seorang penumpang mengeluhkan kursi kereta kelas ekonomi yang sangat tidak nyaman.

Ia mengeluhkan akibat duduk di kursi tersebut, badannya menjadi sakit dan pegal. Keluhan tersebut disampaikan oleh penumpang melalui akun Twitter @Qruunn.

“Kenapa @KAI121 masih mempertahankan seat berhadap-hadapan seperti ini? Padahal seat kayak gini bikin sakit badan. Apalagi perjalanan di atas 5 jam,” komplainnya.

Cuitan tersebut langsung ramai balasan oleh beragam respons warganet. Per Kamis (25/8) pukul 20.30 WIB, unggahan tersebut sudah disukai 20,1 ribu pengguna dan dicuitkan ulang 1.295 kali.