Perangi Hoaks di Pemilu 2024, KPU Teken MoU dengan Emtek Grup

Politik157 views

Inionline.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Emtek Group meneken nota kesepahaman (MoU), yang dilakukan di gedung SCTV Tower, Jakarta Pusat, Selasa (30/8).

Penandatanganan nota kesepahaman ini dalam rangka kerjasama antara KPU dan Emtek Group sebagai media untuk mengawal Pemilu dan Pilkada serentak di 2024 mendatang.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, kerjasama dengan media penting dilakukan. Karena masyarakat perlu mendapatkan berita yang aktual seputar penyelenggaraan Pemilu 2024.

Sebab, tak dapat dipungkiri penyelenggaraan pemilu rawan sekali konflik atas adanya penyebaran berita bohong atau hoaks terlebih di media sosial.

“Penting buat KPU untuk menyiapkan strategi untuk memberikan informasi ke masyarakat. Dan pemilihan media penting. Sehingga sosialisasi KPU secara masif tidak hanya masyarakat tahu, tetapi juga bergerak untuk mengikuti pemilu,” kata Hasyim, di SCTV Tower, Jakarta Pusat, Selasa (30/8).

Sementara itu, Direktur Konten, KapanLagi Youniverse Wenseslaus Manggut menjabarkan, kurva penyebaran hoaks akan naik menjelang mendekati hari Pemilu. Sehingga, dibutuhkan strategi yang kuat mulai dari pimpinan teratas sampai akar paling bawah untuk menghindari perpecahan atau konflik akibat adanya hoaks.

“Rasanya formulasi di atas perlu, karena mungkin bagaimana bahasannya di level atas kompetisi politik mereka damai lagi. Namun di bawah terlanjur cerai,” kata Wens.

“Karena bencana hoaks dia makin dekat hari H. Puncaknya di April dan jumlahnya banyak. Sehingga seluruh stakeholder satu dunia digital lewat sosmed mestinya begitu sejak awal sudah terlibat,” tambahnya.

Hasyim Asy’ri menilai, langkah KPU menggandeng media untuk memerangi hoaks dalam penyelenggaraan KPU dianggap penting. Terlebih dengan media yang memiliki jaringan luas, salah satunya Emtek Group.

“Misalkan Emtek Group ya, punya media yang segmennya hari-harinya nontonnya SCTV, Indosiar bacanya ada merdeka.com misalkan. Tentu punya pangsa pasar sendiri segmen itu. Nah saya kira segmen-segmen penyampaian informasi kepemiluan inilah yang akan dapat dipenuhi melalui media di grupnya Emtek,” imbuh Hasyim.

Nota kesepahaman ini ditandatangani langsung oleh Ketua KPU Hasyim Asy’ri dan CFO KLY Octaviany Sarimawan.

Turut hadir mendampingi penandatangan nota kesepahaman ini, di antaranya Komisioner KPU August Melasz dan Komisioner KPU Yulianto Sudrajat.

Sementara Emtek Group diwakili oleh Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV Retno Pinasti, Direktur KapanLagi Youniverse Wenseslaus Manggut dan Pemimpin Redaksi Merdeka.com Ramadhian Fadillah.