Jokowi Menegaskan Bahwa Pemekaran Papua Kemauan Rakyat

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo menegaskan kebijakan pemerintah memekarkan tiga provinsi atau daerah otonomi baru (DOB) di Papua atas permintaan rakyat Papua.

Jokowi mengaku mendapat aspirasi terkait pemekaran daerah setiap berkunjung ke Papua. Menurutnya, aspirasi itu disampaikan sejak tujuh tahun lalu.

“Saya ke Merauke, [rakyat] minta [pemekaran]. Saya ke Pegunungan Tengah, kelompok-kelompok datang ke saya minta itu. Sudah tujuh tahun yang lalu, enam tahun yang lalu, lima tahun yang lalu, dan tindak lanjuti dengan pelan-pelan,” kata Jokowi di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Rabu (31/8).

Dia menyampaikan pemekaran tiga provinsi di Papua untuk memastikan pemerataan pembangunan. Di menilai Pulau Papua terlalu luas jika hanya terdiri dari dua provinsi.

Jokowi menyampaikan tidak masalah dengan penolakan yang muncul di masyarakat. Dia berkata pemekaran juga telah mempertimbangkan permintaan dari masyarakat.

“Bahwa ada pro dan kontra, itulah yang namanya demokrasi,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, pemerintah dan DPR menyepakati pemekaran tiga provinsi di Papua. Tiga provinsi tersebut adalah Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan.

Pemerintah dan DPR juga sedang membahas pemekaran Papua Barat Daya. Calon provinsi baru ini sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Papua Barat.