Jokowi Mengatakan Saat ini 300 Juta Lebih Orang Kekurangan Pangan Akut dan Kelaparan

Headline, Nasional257 views

Inionline.id – Saat ini dunia sedang dilanda krisis pangan hal tersebut dinyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyebutkan, berdasarkan data, ada 300 juta penduduk dunia yang mengalami kekurangan pangan akut dan kelaparan.

“Dunia sedang dilanda krisis pangan, 300 juta lebih orang berada pada kekurangan pangan akut dan kelaparan. Di beberapa negara sudah mulai,” kata Jokowi saat kunjungan kerja di Boyolali, Jawa Tengah yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (11/8).

Jokowi memperkirakan 800 juta orang di dunia akan kekurangan pangan ke depannya jika tak ada solusi atas situasi saat ini.

Karena itu, dia meminta agar lahan-lahan yang tak produktif di Indonesia bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai tanaman pangan.

“Urusan cabai, urusan… Ini rumah tangga di desa-desa bisa nanam itu. Di polybag atau di pekarangannya, sehingga tak ada kita ini, enggak ada lagi harga cabai naik drastis atau kekurangan cabai,” ucapnya.

Jokowi pun mengatakan pemerintah tengah gencar melakukan penanaman Kelapa Genjah untuk mengantisipasi kelangkaan pangan di berbagai daerah.

Ia menilai varietas kelapa ini memiliki manfaat untuk dibuat minyak kelapa hingga dijual buahnya untuk minuman segar.

“Setahun bisa produksi satu pohon 180 buah. Saya kira ini akan kita lakukan. Di Solo Raya, Boyolali kita bagi 40 ribu, Karanganyar 44 ribu, Sukoharjo 110 ribu Kelapa Genjah. Ini baru dimulai di sini. Nanti provinsi-provinsi lain akan kita tanami,” tuturnya.