Ini Pentingnya Rutin Bersihkan Karang Gigi dan Gunakan Obat Kumur

Kesehatan157 views

Inionline.id – Membersihkan gigi merupakan salah satu hal yang penting untuk kita lakukan secara rutin setiap hari. Salah satu cara yang biasa digunakan adalah dengan menyikat gigi secara rutin setiap hari.

Co-founder sekaligus chief marketing officer Rata Indonesia, drg Deviana Maria mengawatakan bahwa sesungguhnya penggunaan mouthwash atau obat kumur ini dianjurkan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan obat kumur dapat membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada gigi.

“Mouthwash sendiri boleh satu atau dua kali sehari. Sebenarnya mouthwash itu gunanya buat apa sih? Untuk membantu menghilangkan kotoran yang masih nempel di gigi kita,” ujar Deviana.

“Jadi yang pertama dengan gosok gigi dulu ya kan, semuanya keangkat. Kedua dengan benang gigi, yang ketiga dibantu dengan mouthwash untuk menghilangkan sisa-sisa makanan ataupun plak. Nah bonusnya mouthwash, kita berasa lebih segar,” tambahnya.

Selain dengan upaya merawat gigi dari rumah, Deviana pun menganjurkan untuk memeriksakan kondisi gigi minimal satu tahun sekali. Mengingat tidak semua kotoran mampu dibersihkan dengan mandiri.

“Kayak karang gigi. Saya dokter gigi saja di rumah enggak bisa bersihin sendiri, karena memang karang gigi kan plak yang sudah mengeras di belakang gigi kita. Jadi bersihinnya memang perlu alat khusus,” kata Deviana.

Rutin Bersihkan Karang Gigi

Deviana mengungkapkan bahwa dalam hal membersihkan karang gigi, waktu yang dianjurkan adalah dua kali dalam setahun atau setiap enam bulan sekali.

“Biasanya pembersihan karang gigi dianjurkan setahun dua kali. Jadi setiap enam bulan. Kenapa? Karena biasa normalnya kalau susunan gigi kamu rata, kamu gosok gigi dan pakai benang gigi setiap hari, karang gigi itu biasanya akan mulai menumpuk di bulan keenam,” ujar Deviana.

Sedangkan bila terlalu lama tidak dibersihkan, maka karang gigi bisa menumpuk di atas gusi. Sedangkan gusi bertindak layaknya kulit, yang mana dapat tertekan dengan karang dan menyebabkan gusi turun.

“Nah kalau dia (karang gigi) kelamaan nempel di gusi, gusi kan kayak kulit ya. Kelamaan nempel lama-lama keteken, terus gusinya lama-lama turun. Saat kita ke dokter gigi bersihin karang giginya kita kaget, lho gusi kita kok turun ya? Nah itu karena bersihin karang giginya sudah lama banget gak dilakukan,” kata Deviana.