Pada 5 September PM Baru Inggris akan Diumumkan

Internasional057 views

Inionline.id – Meski Boris Johnson telah mengundurkan diri dari Posisi Perdana Menteri (PM) Inggris, namun penggantinya belum ditentukan. Perlu persiapan yang cukup hingga akhirnya penentuan PM yang baru.

Selasa (12/7/2022), Partai Konservatif menyebut pengganti Boris akan diumumkan pada 5 September. Partai Konservatif merupakan pemenang dalam pemilu.

“Kami perlu memastikan ada waktu yang cukup sebelum hasilnya diumumkan pada 5 September,” kata Ketua Komite 1922, Graham Brady, yang berpengaruh di Konservatif, mengatakan kepada wartawan saat ia mengungkapkan rincian jadwal pemilihan pimpinan partai.

Diketahui sebelumnya, PM Inggris Boris Johnson mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif pada hari Kamis (7/7) waktu setempat. Dia mengatakan akan tetap sebagai perdana menteri sementara partai memilih pemimpin baru.

Mengingat bahwa Partai Konservatif memenangkan pemilihan terakhir dengan telak, negara itu tidak perlu menggelar pemilu baru. Sebaliknya, minggu depan, sekelompok kecil legislator Konservatif di dalam Parlemen – yang dikenal sebagai Komite 1922 – akan menentukan aturan untuk pemilihan kepemimpinan baru yang akan membantu memilih pengganti Johnson dari sekitar 350 atau lebih anggota parlemen Konservatif.