Apple Hadirkan Mode Penguncian untuk Melindungi Pengguna iPhone dari Serangan Spyware

Iptek157 views

Inionline.id – Apple mengumumkan fitur keamanan baru yang dirancang untuk melindungi pengguna iPhone dari serangan spyware invasif.

Dijuluki “Mode Penguncian,” fitur ini menjanjikan sistem keamanan yang lebih ketat pada iPhone, sehingga melindungi dari penyusupan.

Apple menyebut Lockdown yang akan tersedia nanti musim gugur ini di perangkat iOS 16 dan iPadOS 16 dan macOS Ventura.

Saat diaktifkan, mode baru menonaktifkan fungsionalitas dan fitur tertentu yang telah menyediakan titik masuk untuk infeksi spyware di masa lalu.

Mode memblokir sebagian besar jenis lampiran pesan, serta koneksi kabel ke komputer atau perangkat lain.

Ini juga memblokir undangan atau permintaan yang masuk (seperti undangan FaceTime) jika pengguna belum menjadwalkannya sebelumnya.

Fitur baru iPhone, Lockdown. [Apple]
Fitur baru iPhone, Lockdown.

Dalam beberapa kasus, berbagai jenis kode diblokir agar tidak berjalan di perangkat (pengumuman menggunakan kompilasi JavaScript just-in-time (JIT) sebagai contoh).

Apple telah menekankan bahwa Lockdown adalah “tingkat keamanan opsional yang ekstrem untuk segelintir orang.”

Dalam hal ini, “sangat sedikit” kemungkinan besar adalah jurnalis, diplomat, aktivis, dan lainnya yang menjadi sasaran dari serangan spyware.

“Mode Penguncian adalah kemampuan terobosan yang mencerminkan komitmen teguh kami untuk melindungi pengguna dari serangan paling langka dan paling canggih sekalipun,” kata Ivan Krsti, kepala Teknik dan Arsitektur Keamanan Apple.

“Kami akan bekerja tanpa lelah untuk melindungi sejumlah kecil pengguna yang menjadi korbannya,” katanya.

Apple secara khusus menyebut NSO Group, perusahaan pengawasan Israel yang terkait dengan skandal peretasan di seluruh dunia seperti pembunuhan Jamal Khashoggi, termasuk banyak kasus yang melibatkan pembajakan iPhone.

Apple mengatakan bahwa Lockdown dirancang untuk melindungi dari NSO Group dan perusahaan swasta lainnya yang mengembangkan spyware.

Dalam upaya untuk terus meningkatkan mode Lockdown, Apple juga mengatakan bahwa mereka akan memperluas program bug bounty untuk mencari lubang di sistem keamanannya dengan hadiah hingga 2 juta dolar AS.

“Untuk mengundang umpan balik dan kolaborasi dari komunitas riset keamanan, Apple juga telah menetapkan kategori baru dalam program Bounty Keamanan Apple untuk memberi penghargaan kepada peneliti yang menemukan Mode Lockdown melewati dan membantu meningkatkan perlindungannya,” kata perusahaan itu.

“Bounty digandakan untuk temuan yang memenuhi syarat dalam Mode Lockdown, hingga maksimum 2 juta dolar AS,” tulis Apple dilansir laman Gizmodo, Kamis (7/7/2022).