Waketum PKB Mengaku Sering Diframing Tidak Mungkin Berkoalisi dengan PKS

Politik157 views

Inionline.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tengah membangun koalisi untuk menghadirkan poros ketiga di Pemilu 2024 bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hal ini sekaligus membantah PKB dan PKS mustahil untuk bersatu.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, selama ini PKB diframing kurang baik di masyarakat bahwa tidak dapat berkoalisi dengan PKS.

“Memang yang harus kita akui bahwa PKB dan PKS ini sering menjadi framing yang kurang baik di masyarakat. Seakan-akan kami tidak bisa bertemu,” ujar Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6).

Jazilul mengatakan, PKB dan PKS sama-sama partai lahir di era reformasi. Keduanya juga pernah berkoalisi mengusung poros tengah yang menjadikan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sebagai presiden.

“Padahal kami sama-sama mengusung politik untuk kesejahteraan, lahir reformasi, dulu poros tengah,” kata wakil ketua MPR RI ini.

Saat ini, PKB dan PKS mendorong poros ketiga. Jazilul yakin akan menjadi magnet bagi partai politik agar bergabung dan para tokoh yang berminat menjadi calon presiden.

“Kalau ini bukan poros tengah disebutnya, ini jalan ketiga. Kalau jalan ketiga ini menjadi lompatan, ini tentu yang disebut dengan magnet baru dan mudah-mudahan ini karena awal ya kita berharap semuanya jangan banyak curiga jangan negatif thinking ini sedang apa sedang apa mau apa, kita positif thinking agar hasilnya menjadi baik, tentu kami PKB sangat positif thinking,” ujar Jazilul.