Pesawat Maskapai India Mendarat Darurat, Mesin Terbakar di Udara

Internasional157 views

Inionline.id – Sebuah pesawat maskapai India, SpiceJet, terpaksa melakukan pendaratan darurat di kota Patna sesaat usai lepas landas. Penyebabnya, salah satu mesin pesawat terbakar saat mengudara.

Senin (20/6/2022), seluruh penumpang yang ada di dalam pesawat itu telah dievakuasi dengan aman setelah pilot mendaratkan pesawat di bandara Patna. Tidak disebutkan lebih lanjut jenis pesawat yang mengalami insiden pada Minggu (19/6) waktu setempat tersebut.

“Penerbangan kembali ke bandara Patna setelah warga lokal (di daratan) menyadari ada api di sayap bagian kiri pesawat dan memberitahu petugas bandara,” tutur hakim distrik setempat, Chandrashekhar Singh, kepada wartawan setempat.

“Seluruh 185 penumpang diturunkan dengan selamat. Penyebab kebakaran adalah masalah teknis (technical glitch). Tim teknisi sedang menganalisis,” imbuhnya.

Salah satu penumpang pesawat itu memberitahu wartawan bahwa terdengar banyak suara dari dalam pesawat pada 15 menit pertama usai lepas landas.

“Pilot mengumumkan ada sejumlah masalah dan bahwa kita akan kembali ke Patna… itu cukup menakutkan,” tutur penumpang bernama Pacifica itu.

Laporan media lokal NDTV yang mengutip sejumlah sumber otoritas penerbangan setempat menyebut seekor burung menabrak mesin pesawat mungkin telah memicu kebakaran itu.

Maskapai SpiceJet diketahui menjadi pemberitaan dalam beberapa pekan terakhir, dengan otoritas penerbangan menjatuhkan denda sebesar 1 juta Rupee karena melatih pilot pesawat Boeing 737 MAX dengan simulator yang rusak.

Pada April lalu, otoritas setempat juga melarang 90 pilot maskapai SpiceJet menerbangkan pesawat, dengan mengatakan mereka tidak terlatih dengan baik.