Begini Cara Menjaga Perut agar Tetap Rata Setelah Terlalu Banyak Duduk Seharian

Kesehatan157 views

Inionline.id – Bukan rahasia lagi kalau terlalu banyak duduk bisa memicu berbagai kondisi kesehatan. Salah satunya adalah perut buncit yang pastinya membuat penampilan jadi kurang oke. Kok bisa sih? Saat tubuh duduk dalam waktu yang lama, terjadi metabolisme yang melambat. Hal ini menyebabkan penumpukan lemak di sekitar pinggang dan perut yang menyebabkan perut jadi buncit.

Kalau aktivitas sehari-hari menuntut kamu lebih banyak duduk dalam waktu lama, beberapa trik ini bisa dilakukan untuk mempertahankan perut agar tetap rata. Apa saja sih?

Kurangi Cemilan Manis

Jika ingin menjaga perut tetap rata saat terlalu banyak duduk, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi konsumsi cemilan manis. Kudapan dengan kadar gula yang tinggi merupakan salah satu faktor penyebab perut buncit. Maka dari itu, kurangi cemilan yang satu ini ketika beraktivitas di balik meja adalah kunci dari perut rata yang diinginkan.

Siapkan Snack Sehat

Beraktivitas from 9 to 5 jelas menguras tenaga. Nggak heran kalau sebagian dari kamu membutuhkan cemilan yang bisa menambahkan energi sekaligus jadi mood booster ketika harus beraktivitas seharian.

Bagi yang beraktivitas di balik meja, jangan lupa pilih cemilan yang tepat untuk menjaga perut agar tetap rata. Misalnya saja dengan menyiapkan snack seperti kacang-kacangan yang kaya kandungan serat tapi rendah kalori atau buah segar. Dengan begitu kamu bisa tetap mengontrol pola makan meski beraktivitas di balik meja.

Konsumsi Infused Water

Selama beraktivitas di balik meja, pastikan juga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hal ini penting karena salah satu tanda dehidrasi juga bisa diidentifikasikan sebagai rasa lapar oleh tubuh. Jadi, perhatikan asupan air putih harian.

Jika bosan dengan rasa air putih yang tawar, infused water bisa jadi pilihan yang tepat. Selain bisa menjaga hidrasi tubuh, kombinasi air, potassium dari buah atau sayuran dapat membantu menghilangkan penyebab kembung dari sistem pencernaan. Salah satunya adalah garam.

Biasakan Jalan-Jalan Sebentar Setiap 20 Menit

Jangan hanya duduk saja karena akan menghambat metabolisme di dalam tubuh. Jadi, jika kamu termasuk salah satu yang beraktivitas di balik meja, biasanya untuk jalan-jalan sebentar dan melakukan gerakan lain setiap 20 menit sekali.

Misalnya saja dengan melakukan peregangan, mengambil minum di dispenser, atau berjalan-jalan sebentar. Setiap kali melakukan aktivitas kecil, kalori yang dilepaskan oleh tubuh sudah cukup banyak sehingga membantu menjaga perut lebih rata. Supaya nggak terlupakan, boleh banget pasang selalu alarm di smartphone setiap 20 menit yang bisa mengingatkanmu untuk berjalan.

Terlalu banyak duduk memang bisa berpotensi membuat perut buncit. Tapi, bukan berarti nggak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Lakukan beberapa langkah di atas untuk membantumu menjaga penampilan!