Teras Surken Menjadi Lokasi Wisata Kuliner Baru di Kota Bogor

Inionline.id – Jalan Surya Kencana atau Surken telah menjadi salah satu destinasi wisata kuliner populer di Kota Bogor, Jawa Barat. Ada beragam kuliner legendaris di sana seperti Soto Kuning Pak Yusuf, Asinan Jagung Bakar, Lumpia Bogor, Toge Goreng dan Bir Kotjok.

Saat ini, Pemkot Bogor telah menyiapkan lahan baru yang lebih nyaman untuk para UMKM di Jalan Surya Kencana, yaitu Teras Surken.

Lokasi tersebut menjadi lokasi Festival Surken (Surken Fest) dalam rangkaian Hari Jadi Kota Bogor (HJB) ke-540 yang akan diselenggarakan tahun ini.

Menurut Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Teras Surken akan menjadi wajah baru dari destinasi wisata kuliner di Kota Bogor.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa Festival kuliner di Teras Surken adalah tanda bahwa kota Bogor khususnya UMKM kuliner perlahan bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

Momen HJB tahun ini menjadi lebih spesial karena menjadi Festival Budaya HJB pertama setelah pandemi Covid-19, yang didukung juga oleh Mayora Group melalui Teh Pucuk Harum.

“Ini bukan dukungan pertama Teh Pucuk Harum untuk UMKM kota Bogor. Dukungannya kembali kali ini, jelas menunjukkan komitmen dan perhatiannya bagi industri kuliner di Bogor,” kata Bima Arya dikutip dari siaran pers, Selasa (14/6/2022).

Lebih lanjut, Marketing Manager RTD Tea PT Tirta Fresindo Jaya, Pikko Wijaya mengatakan, pihaknya ikut meramaikan acara tersebut sebagai wujud nyata  mendukung perkembangan industri kuliner di Indonesia, terutama skala UMKM agar bisa semakin maju dan berkembang.

“Festival Surken yang diadakan di tahun 2022 ini adalah simbol dan pijakan awal bangkitnya UMKM kuliner di Kota Bogor setelah diterpa pandemi selama dua tahun terakhir,” kata Pikko Wijaya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, perayaan Festival Budaya tahun ini tidak digelar seperti biasanya yang dapat menggaet ribuan pengunjung karena masih digelar dalam situasi pandemi dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Panitia HJB 2022 Kota Bogor Dody Achdiat menambahkan ada sekitar 90 booth dengan melibatkan 250 orang UMKM.

Ada beragam acara dan festival mulai dari layar tancap, bazar, festival seni hingga festival kampung wisata di selenggarakan pada rangkaian HJB 2022 yang dilaksanakan sejak tanggal 1 Juni 2022 hingga rangkaian terakhir di tanggal 9 Juli 2022.

Salah satu acara yang ditunggu-tunggu adalah Festival Surken yang diadakan pada tanggal 11 Juni 2022 di Jalan Surya Kencana lalu.

Festival Surken merupakan acara bazar kuliner dan UMKM khas kota Bogor yang kemudian di meriahkan juga oleh penampilan seni seperti Marawis, Barongsai, Angklung dan lainnya, persembahan dari warga Kampung Gudang dan Babakan Pasar Serta Kampus IBIK.