10 Orang Tewas-15 Terluka Setelah Rusia Serang Pabrik di Ukraina Timur

Internasional057 views

Inionline.id – Militer Rusia kembali melakukan serangan ke sebuah pabrik di Kota Avdiivka, Ukraina Timur. Akibat serangan tersebut, dilaporkan sedikitnya 10 orang tewas dan 15 orang lainnya terluka.

“Setidaknya 10 tewas dan 15 terluka, akibat penembakan pabrik kokas Avdiivka oleh penjajah Rusia,” kata gubernur wilayah Donetsk Pavlo Kyrylenko seperti dilansir AFP, Rabu (4/5/2022).

Dia mengatakan ada kemungkinan jumlah korban meningkat. Kyrylenko juga menyebut pihak Rusia menyerang para pekerja ketika tengah menunggu bus.

“Para pekerja baru saja menyelesaikan shift mereka dan sedang menunggu bus untuk membawa mereka pulang dari pabrik di halte bus,” ucapnya.

“Rusia tahu ke mana mereka membidik,” lanjut dia.

Untuk diketahui, Avdiivka, kota industri di utara Donetsk yang dikuasai separatis, berada di garis depan perang dengan Rusia. Pabrik yang memproduksi bahan bakar tersebut memang menjadi salah satu sasaran berbagai serangan dalam beberapa tahun terakhir ketika pasukan separatis yang didukung Rusia memerangi pasukan Ukraina.

Rusia dalam beberapa pekan terakhir meningkatkan serangan terhadap wilayah yang dikuasai Kyiv di wilayah Donbas timur, yang sekarang menjadi fokus invasinya ke Ukraina.

Kokas adalah bahan bakar dengan kandungan karbon tinggi dan merupakan produk industri yang penting, digunakan terutama dalam peleburan bijih besi, tetapi juga dapat digunakan sebagai bahan bakar di kompor dan penempaan.