Sudah Tiga Kali Molor Penjualan Tiket Formula E

Berita257 views

Inionline.id – Tinggal 60 hari lagi ajang balap Formula E Jakarta akan dimulai. Rencananya tiket Formula E akan dijual Mei mendatang.

Dalam situs resmi Formula E, pagelaran balap mobil listrik di Jakarta itu terhitung tinggal dua bulan lagi. Selain Jakarta, beberapa negara yang belum menjual tiket balap Formula E antara lain London pada 30-31 Juli, Seoul 13-14 Agustus.

Rencana Diumumkan Awal Tahun

Rencana penjualan tiket Formula E sudah diumumkan akhir 2021 lalu. Co-Founder Formula E Alberto Longo sempat menyatakan penjualan tiket Formula E akan diumumkan awal tahun 2022.

“Untuk tiket akan dijual sesegera mungkin. Kita akan buat pengumuman awal tahun depan, di mana dan kapan kalian bisa membeli tiket. Jadi tetap stay tune di social media kami untuk mendapatkan informasi terkini,” kata Alberto, Rabu (22/12/3021).

Hal itu disampaikan Alberto melalui video yang diputarkan dalam konferensi pers. Kala itu Alberto juga mengatakan Ancol merupakan lokasi paling tepat menggelar event Formula E. Selain masih berada di dalam kota, pembangunan trek bisa dilakukan dengan mudah.

Target Diumumkan Februari

Namun seiring waktu, penjualan tiket Formula E tak kunjung diumumkan. Direktur Utama JakPro Widi Amanasto pada akhir Januari 2022 justru menyampaikan, tiket bisa dijual Februari 2022.

“Seharusnya sekitar Februari dimulai (penjualan)” kata Widi saat dimintai konfirmasi, Kamis (27/1/2022).

Widi pada saat mengatakan tiket Formula E terbagi menjadi beberapa jenis. Dia menyebut ada tiket bagi warga yang hendak menonton di tribun hingga tiket untuk tur ke garasi.

“Ada paket tribun, paket apa, paket yang biasa, dengan tim yang di sana, dengan FEO. Karena FEO ada kewajiban juga di sini dengan memberikan guidance, melakukan apa saja salah satunya itu, jadi konsultasi,” jelasnya.

Widi mengatakan pihaknya merujuk perhelatan Formula E di Diriyah, Arab Saudi. Namun, dia mengatakan, harga tiket Formula E di Jakarta bakal disesuaikan dengan kondisi ekonomi.

Rencana Dijual Maret

Februari pun berlalu tanpa ada pengumuman penjualan tiket Formula E. Dirut PT Jakarta Propertindo (JakPro) Gunung Kartiko kemudian menyampaikan tiket akan mulai dijual Maret. Rencananya tiket dijual secara pre-sale.

“Maret nanti mulai kita launch ya, apakah nanti kita mau pakai pre-sale gitu ya, biasanya kan ada pre-sale, baru nanti setelah itu baru pembayarannya di kapan mendapat tiket, sehingga kita bisa tahu kapasitinya misalnya kita bangun berapa grand stand, oh peminatnya ternyata membludak, kita bisa tambahin nggak grand stand-nya,” ucap Gunung, usai rapat bersama komisi C DPRD Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Dia memastikan harga tiket ajang balap mobil listrik itu dijual terjangkau. Gunung menuturkan nantinya harga tiket akan disesuaikan dengan jenis stan yang dipesan. Dia menyebut penjualan tiket Formula E tidak jauh berbeda seperti penjualan tiket di Mandalika.

“Sebenarnya ada (range harga) tapi nanti lah kita sampaikan. Yang jelas terjangkau, nggak sampai jutaan, ratusan ribu,” kata Gunung.

“Ada kalau di Formula E, sebenarnya sama kayak di Mandalika, di Mandalika itu harganya kan ada yang paling murah, yang festival gitu ya, ada yang grand stand. Grand stand itu yang duduk dapat seat, tapi ada juga yang hospitality, nah di Mandalika kan hospitality-nya ada 2 tuh atau 3 gitu, harganya pun puluhan juta kan di Mandalika, temen-temen pun tau kan, ada yang Rp 10 juta ada yang Rp 15 juta kan gitu ya, itu memang ada segmen khusus ya yang memang penggemarnya ada,” ujarnya.

Bulan Mei Akan Dijual

Teranyar, Ketua Panitia Organizing Committee (OC) dari Formula E, Ahmad Sahroni mengatakan penjualan tiket akan mulai dilakukan bulan Mei. Sahroni mengatakan molornya penjualan tiket karena mencari waktu yang tepat.

“Ada perhitungan yang terbaik untuk cari yang paling murah harga tiket penjualan agar masyarakat nonton,” kata Sahroni, Selasa (5/4/2022).

Rencananya tiket Formula E akan dijual 50 ribu lembar dengan harga terendah Rp 350 ribu. Dia menuturkan panitia tak hanya menyuguhkan balapan semata, melainkan berbagai ajang hiburan untuk para penonton maupun pengunjung Ancol.

“Jadi sudah disepakati, bahwa tiket Formula E akan berjumlah minimal 50 ribu, dengan rentang harga Rp 350.000 sampai jutaan rupiah,” tuturnya.

Sahroni juga menyampaikan dalam melaksanakan ajang balapan ini, pihak penyelenggara akan melibatkan langsung para pengusaha UMKM. Mereka akan diberi kesempatan berbisnis dan diberikan pelatihan tentang pelayanan yang baik.

“Dalam ajang ini nantinya, kita akan melibatkan UMKM, di mana mereka tidak hanya diberi kesempatan untuk berbisnis atau berjualan, namun juga kesempatan untuk belajar. Para UMKM ini akan di-training agar memiliki standar layanan kelas internasional,” ungkapnya.