Ini 7 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan157 views

Inionline.id – Donor darah merupakan proses pengambilan darah dari tubuh seseorang yang bersifat sukarela. Tujuannya adalah untuk memberikan darah bagi orang lain yang membutuhkan. Dalam satu kali donor, pendonor akan menyumbangkan darahnya sebanyak kurang lebih 350 ml.

Darah merupakan komponen yang penting bagi tubuh manusia. Tanpa adanya darah, zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh tidak dapat terdistribusikan dengan baik dan dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Mungkin untuk sebagian dari Anda menganggap aktivitas donor darah ini menakutkan. Akan tetapi, kenyataannya tidak seperti itu. Dilansir dari Palang Merah Indonesia (PMI), setiap delapan detik, terdapat satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia.

Dengan melakukan donor darah Anda bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan beragam manfaat. Simak berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan ketika melakukan donor darah di bawah ini.

1. Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Ketika melakukan donor darah, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang menanyakan kondisi kesehatan. Selain itu, berat badan, kadar hemoglobin, tekanan darah dan nadi akan dicek secara langsung oleh petugas PMI. Jika ada penyakit berbahaya yang terdeteksi di dalam darah, Anda akan dihubungi oleh petugas.

2. Membakar Kalori

Dalam satu kali donor, Anda bisa membakar sebanyak 650 kalori. Maka dari itu, donor darah dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Akan tetapi, jangan jadikan donor darah sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Donor darah dapat mencegah pembuluh darah yang tersumbat. Hal ini dikarenakan darah yang ada di dalam tubuh bisa berubah menjadi kental dan menyumbat pembuluh darah sehingga memicu timbulnya penyakit jantung.

4. Mengurangi Kadar Zat Besi

Donor darah dapat mengurangi kadar zat besi yang ada di dalam tubuh. Zat besi yang berlebih dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti kanker, stroke, penuaan dini dan hepatitis C.

5. Mendorong Produksi Sel Darah

Dengan melakukan donor darah secara rutin, sumsum tulang belakang Anda akan menghasilkan sel darah merah baru untuk menggantikan darah yang disumbangkan. Dengan begitu, produksi sel darah akan meningkat dan menyebabkan aliran darah menjadi lancar.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan donor darah mengalami penurunan tekanan darah secara bertahap. Tekanan darah yang normal akan mencegah Anda untuk mengalami serangan jantung dan stroke.

7. Anda Dapat Menyelamatkan Nyawa Seseorang

Dengan mendonorkan darah berarti Anda sudah bisa menolong orang yang sangat membutuhkannya. Menolong orang lain dapat menjaga kondisi psikologis kita karena akan menimbulkan rasa bangga dan berguna untuk orang lain.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan dari donor darah. Jika Anda ingin melakukan donor darah, pastikan telah memenuhi syarat-syarat yang tertera di website PMI. Anda bisa melakukan donor darah sebanyak 1 kali dalam jangka waktu 3 bulan.