Ini 6 Tempat Wisata Unik di Palembang yang Wajib diKunjungi

Inionline.id – Palembang adalah salah satu kota di Indonesia yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan pernah menjadi rumah kejuaran dunia Asian Games 2018. Jembatan Ampera Pun pernah direnovasi, untuk mendukung perhelatan Akbar ini. Kota ini juga memiliki beragam keunikan dan wajib dijadikan tujuan wisata yang harus Anda kunjungi.

Tidak hanya wisata kuliner seperti empek-empek yang patut Anda coba. Lebih dari itu wisata air, sejarah dan religinya pun sayang jika tidak dikunjungi. Dikota ini juga, banyak tersedia penginapan, khususnya Hotel di Palembang yang memiliki fasilitas lengkap bahkan mewah dan dapat memberikan kenyamanan dan pengalaman menginap terbaik.

Jika Anda memesan lewat aplikasi seperti Traveloka, akan banyak promo hotel murah dengan fasilitas lengkap yang bisa Anda dapatkan. Apalagi menjelang musim liburan. Berikut ini adalah 7 tempat wisata unik di Palembang yang wajib Anda kunjungi.

1.    Alquran Terbesar di Dunia

Sudah tau ada Al-qur’an terbesar di dunia? Bukan berada di luar negeri melainkan di negeri sendiri loh. Tepatnya berada di Kecamatan Gandus Kota Palembang. Ukuran dari kitab suci agama Islam ini 177 X 140 X 2,5 centimeter dengan tebal 9 meter. Tidak heran, Alquran besar ini menjadi salah satu tujuan wisata religi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Jika Anda pergi ke Palembang jangan lupa untuk pergi kesini ya!

2. Pulau Kemaro

Terletak di tengah sungai Musi, pulau Kemaro memiliki keunikan sendiri yang membuat para wisatawan ingin berkunjung kesini. Menurut sejarah, dahulu pernah ada dua insan yang saling mencintai yaitu Tan Bun An yaitu bangsawan asal Tiongkok dan Siti Fatimah yang merupakan putri dari raja Palembang kala itu. Namun cinta mereka harus terpisahkan karena restu orang tua, karena alasan latar belakang mereka yang berbeda.

Saat berkunjung kesini, Anda bisa berziarah ke makam Tan Bun An dan Siti Fatimah serta bisa menyaksikan perayaan cap go meh yang biasa dilakukan disini setiap tahunnya. Selain itu, pulau Kemaro juga memiliki banyak situs bersejarah seperti Pagoda berlantai 9, Klenteng dan pohon cinta.

3. Jembatan Ampera

Salah satu bangunan bersejarah yang wajib dikunjungi, jika pergi ke palembang adalah Jembatan Ampera. Ampera sendiri memiliki arti ‘amanat penderitaan rakyat’.

Jembatan ini dibangun untuk menyatukan dua daerah yaitu seberang Ulu dan seberang Ilir. Jembatan Ampera tidak hanya menjadi ikonnya kota palembang, namun juga diakui sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara.

Uniknya lagi jembatan ini bisa diangkat agar kapal besar dapat lewat. Namun semenjak tahun 1970, jembatan ini sudah tidak pernah diangkat karena dianggap mengganggu lalu lintas. Tidak hanya itu, pemandangan saat malam juga sangat menakjubkan. Bahkan dijuluki Venice of the East oleh bangsa barat. Karena kemiripannya dengan Venesia di Italia.

4. Wisata Alam Taman Punti Kayu

Salah satu destinasi wisata favorit warga pelambang adalah Taman Wisata Alam Punti Kayu. Biasanya, mereka banyak menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat disini. Selain itu banyak juga komunitas yang memanfaatkan taman ini sebagai tempat berkumpul. Udara disini, juga sangat segar. Karena Taman Punti Kayu sangat hijau dipenuhi dengan deretan pohon pinus.

5. Museum Balaputradewa

Dahulu, Palembang merupakan ibu kota dari kerajaan Sriwijaya. Tidak heran jika banyak peninggalan bersejarah dari kerajaan yang berada di kota Ini. Jelajahi wisata sejarah dengan menyelami masa lalu dengan berkunjung ke Museum Balaputradewa. Nama museum ini yaitu Balaputradewa diambil dari nama putra dari raja Sriwijaya. Musim ini memiliki beragam artefak, benda tradisional serta benda bersejarah lainnya.

6. Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo atau nama sebenarnya adalah Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang adalah masjid dengan nuansa Islam dan Tionghoa. Bangunan bersejarah ini terletak di Jalan Pangeran Ratu Perumahan TOP Atlit, kota Palembang. Masjid ini unik karena dibangun oleh warga keturunan yang beragama Islam. Bangunan masjid ini pun unik, dengan didominasi warna hijau dan merah yang khas. Jika berkunjung kesini jangan lupa untuk berswafoto, karena banyak objek foto unik yang perlu diabadikan.

Nah itulah 7 tempat wisata unik di kota peninggalan kerajaan Sriwijaya ini. Setelah puas berwisata di Palembang, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh kain songket. Keindahan kain songket yang cantik dan anggun bahkan sudah diakui dunia, menjadi harta yang berharga dan sebaiknya Anda bawa pulang kerumah.

Yuk rencanakan liburanmu ke Palembang. Untuk penginapan, Anda bisa memesannya melalui aplikasi Traveloka. Ada Promo Staycation Hemat (STAYMAT) tiap Jumat. Flash Sale staycation sampai dengan 50%. Banyak pilihan akomodasi yang bisa dipilih. Mulai dari hotel, villa, resort, apartemen dan glamping. Promo ini dimulai dari pukul 19.00 hingga 23.59 WIB.