Di Hari Pertama The Tortured Poets Department Terjual 1,4 Juta Album

Inionline.id – Rekor baru tercipta. Album teranyar Taylor Swift, The Tortured Poets Department (TTPD), terjual 1,4 juta unit album secara tradisional di Amerika Serikat hanya dalam satu hari, yakni hari perilisan pada 19 April 2024.

DiberitakanĀ Billboard pada Sabtu (20/4), data Luminate akan penjualan CD, kaset, vinyl, dan unduhan digital TTPD tersebut menjadi yang terbesar yang pernah terjadi di Amerika Serikat.

Sementara itu, seluruh 31 lagu dalam album TTPD mengumpulkan 243,4 juta streaming audio on-demand di Amerika Serikat pada 19 April. Lagu pembuka, Fortnight yang merupakan duet bersama Post Malone, mendulang 18,4 juta stream dan jadi yang terbesar.

Capaian streaming TTPD itu dua kali lipat dari yang pernah dikumpulkan 21 lagu album 1989 (Taylor’s Version) yang mencatat 110 juta streaming di hari pertama perilisan.

Secara total dari penjualan fisik, streaming, dan pemutaran audio, album TTPD terjual 1,6 juta unit setara album di Amerika Serikat hanya pada hari pertama perilisan.

Angka itupun sebenarnya sudah pasti akan melampaui perolehan penjualan pekan pertama rekor sebelumnya, 1989 (Taylor’s Version), yang mencatat 1,653 juta unit setara album.

Billboard menyebut, angka penjualan album dan aktivitas streaming album ini akan dilaporkan lebih detail dalam beberapa hari mendatang.

Kabar ini datang setelah The Tortured Poets Department dari Taylor Swift sebelumnya mencetak sejarah baru bagi dua layanan streaming, Spotify dan Apple Music.

Album kesebelas Swift tersebut menjadi yang pertama dan satu-satunya mencetak debut lebih dari 300 juta streaming di Spotify dalam sehari, serta jadi yang terbesar dalam sejarah Apple Music.

“Sejarah sudah dibuat!” kicau Spotify lewat X pada Sabtu (20/4) malam waktu Indonesia.

“Pada 19 April 2024, The Tortured Poets Department milik Taylor Swift menjadi album pertama dalam sejarah Spotify yang memiliki lebih dari 300 juta streaming dalam satu hari,” lanjutnya.

“Jumlah pendaftaran tertinggi untuk The Tortured Poets Department Taylor Swift! Album ini memecahkan rekor sebagai album pop terbesar sepanjang masa dalam streaming hari pertama di Apple Music,” tulis Apple Music di X, Sabtu (20/4).

Taylor Swift tidak merilis album The Tortured Poets Department dengan cara yang biasa. Ia merilis dalam bentuk album ganda atau double album yang terbagi dalam dua gelombang perilisan.

Dengan perilisan album kedua dari TTPD, maka ada 31 lagu yang menjadi bagian album ke-11 Taylor Swift tersebut. TTPD: The Anthology mencakup keseluruhan lagu itu.