DPR dan Pemerintah Membahas Jadwal Pemilu 2024 pada Masa Sidang III

Politik157 views

Inionline.id – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim memastikan, DPR akan segera menetapkan jadwal pemilu dengan pemerintah dan penyelenggara pemilu. DPR menjadwalkan akan menggelar rapat dengan Mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP pada masa sidang sekarang.

“Dalam masa sidang III ini (jadwal pemilu) akan dibahas,” ujar Luqman kepada wartawan, Rabu (12/1).

Menurut Luqman, kemungkinan rapat membahas jadwal pemilu dilakukan sebelum Komisi II melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu. Rencananya, Komisi II akan menggelar pada pekan kedua Februari 2022. Tanggal penyelenggaraan uji kelayakan dan kepatutan ini belum jelas karena belum ada surat dari presiden.

“Jadi sebelum fit and proper kita targetkan jadwal pemilu sudah selesaikan dahulu,” ujar politikus PKB ini.

Untuk tanggal pasti rapat membahas penetapan jadwal pemilu, Komisi II masih mencari jadwal yang cocok dengan Kemendagri.

“Kami, Kemendagri akan cari jadwal yang paling memungkinkan untuk ketemu,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa menjamin pihaknya segera menjadwalkan rapat kerja dengan pemerintah dan penyelenggara pemilu untuk menetapkan tanggal Pemilu 2024. Dengan ditetapkannya jadwal pemilu maka isu perpanjangan masa jabatan akan terbantahkan.

“Jadi kalau misalnya sudah ditetapkan kapan pemilunya di tahun 2024 maka spekulasi terkait dengan pengunduran masa jabatan itu akan terbantahkan,” ujar Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/1).