Untuk Membantu Warga Terdampak Semeru, Yonzipur 10 & 5 Kostrad Dikerahkan TNI

Berita157 views

Inionline.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus mengirimkan bantuan bagi warga yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru. Hal ini tampak lewat kegiatan bakti sosial yang masih berlangsung di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa menuturkan Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 10 dan 5, Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) telah dikerahkan untuk melakukan kegiatan bakti sosial kepada warga Lumajang yang terdampak erupsi Semeru. Ia mengakui kegiatan ini memang berdasarkan dari atensinya.

Andika menilai kegiatan tersebut merupakan bentuk tanda bukti pengabdian TNI kepada masyarakat yang terdampak bencana alam.

“Yonzipur 10 Kostrad dan Yonzipur 5/ Arati Bhaya Wighina dikerahkan memang untuk membantu penanganan bencana Gunung Semeru,” ujar Andika dalam keterangan tertulis, Jumat (24/12/2021).

Berbagai alat berat seperti truk pengangkut pasir hingga excavator pun dikerahkan untuk membersihkan jalan dan rumah warga yang terkena abu vulkanik.

Selain itu, TNI juga membuatkan sungai darurat untuk aliran lahar dingin dan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang berada di pengungsian.