Ini 4 Kesalahan Konsumsi Kentang yang Membuatnya Tak Efektif Menurunkan Berat Badan

Kesehatan157 views

Inionline.id – Kentang merupakan salah satu makanan sehat yang bisa sangat bermanfaat bagi tubuh. Tingginya nutrisi serta rendahnya kalori di dalam sayuran ini menjadikannya pilihan yang tepat.

Kentang merupakan karbohidrat kompleks yang bisa berdampak sehat pada seseorang yang mengonsumsinya. Itu lah kenapa kentang sangat cocok dikonsumsi oleh siapapun.

Walau begitu, tak jarang juga orang menyebut kentang sebagai biang keladi berbagai masalah kesehatan. Sayangnya, hal ini terjadi bukan karena kentang yang memang benar-benar buruk namun karena cara pengolahan yang salah.

Kentang sendiri bisa sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan berdasar penelitian tahun 2014. Bahkan terbukti bahwa konsumsi makanan ini bisa menyebabkan bertambahnya berat badan.

Ketika kentang salah diolah, maka upayamu mengonsumsinya untuk menurunkan berat badan bakal jadi berantakan. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah kesalahan dalam konsumsi kentang yang bisa membuatnya tak efektif dalam menurunkan berat badan.

Menggoreng Kentang

Salah satu hidangan olahan kentang yang paling populer bagi banyak orang adalah kentang goreng. Makanan ini disukai baik oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Mengolah kentang dengan cara menggoreng merupakan hal yang membuatnya jadi tak cocok untuk menurunkan berat badan. Cara pengolahanan kentang seperti ini bisa menghilangkan dampak positif yang dimilikinya.

Cara Mengatasinya: Jangan goreng kentang dan berhenti menggunakan minyak tidak sehat. Ganti cara pengolahannya dengan memanggang atau menumbuknya.

Menjadikan Kentang sebagai Hidangan Pendamping

Banyak orang yang hanya menjadikan kentang sebagai hidangan pendamping dan bukan sebagai pengganti nasi atau roti. Hal ini rupanya bisa sangat berdampak dalam menurunkan berat badan.

Berdasar penelitian, mereka yang mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi bisa lebih mudah dalam menurunkan berat badan. Walau begitu, konsumsi secara berlebih juga bisa membuat sulit dalam menurunkan berat badan.

Cara Mengatasinya: Mulai ganti nasi atau sumber karbohidrat lain yang kamu konsumsi dengan kentang.

Tidak Membatasi Porsi

Walau kentang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, namun jika kamu tak membatasi konsumsinya maka hal ini bakal berdampak negatif. Ketika berniat menurunkan berat badan, sangat penting untuk mengetahui serta membatasi makanan yang kamu konsumsi termasuk kentang.

Konsumsi kentang ini cenderung berlebih ketika kentang diolah dengan digoreng. Selain membuat konsumsi jadi berlebihan, cara mengolah ini menjadikan seseorang cenderung konsumsi secara berlebihan.

Cara Mengatasinya: Disarankan untuk mengonsumsi empat hingga delapan porsi sayuran seperti kentang seminggu dengan ukuran satu kentang sedang.

Tidak Mengonsumsi Kulit Kentang

Walau sering dibuang, kulit kentang ternyata memiliki dampak kesehatan yang tidak boleh dilewatkan. Kosumsi kulit ini bisa meningkatkan jumlah asupan serat yang bakal sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

Cara Mengatasinya: Hal ini tentu bisa kamu lakukan dengan cara menyisakan kulit kentang ketika mengolahnya. Hanya saja pastikan bahwa kamu telah mencucinya dengan menyeluruh dan benar-benar bersih.