H-1 Natal 5.987 Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir

Berita157 views

Inionline.id – Sehari jelang Natal PT KAI mengatakan ada 5.987 orang penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. PT KAI mengklaim jumlah penumpang tak melonjak signifikan.

“Rata-rata penumpang hari ini masih sama dengan tanggal 17 lalu, secara keseluruhan penumpang normal, tidak ada peningkatan yang signifikan,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada wartawan, Jumat (24/12/2021).

Dia mengatakan 5.987 orang penumpang itu merupakan jumlah penumpang dari 29 perjalanan rangkaian kereta api dari Stasiun Gambir. Sementara itu, ada 7.504 orang penumpang yang berangkat dari dari Stasiun Pasar Senen dengan total jumlah 21 perjalanan kereta api.

“Kalau untuk kedatangan, ke Gambir 4.390 penumpang dan ke Pasar Senen 4.108 penumpang,” ujarnya.

Eva mengatakan tidak ada kenaikan harga tiket menjelang Natal tahun ini. Dia juga menyebut semua penumpang yang hendak berangkat wajib mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Corona.

“Untuk perjalanan KA secara keseluruhan persiapan yang dilakukan sudah melalui hitungan atau prediksi terkait volume penumpang di masa pandemi. Antisipasi kita menambah petugas pengamanan, pelayanan dan tim kesehatan,” ujarnya.

Pantauan detikcom di Stasiun Gambir, pukul 12.55 WIB, tidak terlihat antrean panjang calon penumpang di tempat penjualan tiket maupun tempat swab antigen. Salah satu calon penumpang, Priyanti (24), mengatakan hendak pergi ke Yogyakarta.

“Paling persiapannya kan berhubung ada peraturan PPKM, jadi paling vaksin, dan sebelum berangkat kemarin sudah tes antigen juga. Soalnya, kan 1×24 jam, itu sih paling. Persiapan lainnya bawa masker, hand sanitizer, itu wajib banget,” tuturnya.