Jika Rusia Serang Ukraina ini Ancaman Biden ke Putin

Internasional157 views

Inionline.id – Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS), mengancam Presiden Rusia, Vladimir Putin, bahwa akan ada respons ekonomi ‘kuat’ dari negara-negara Barat, jika tentara Rusia yang dikerahkan ke perbatasan Ukraina melancarkan serangan.

Rabu (8/12/2021), ancaman itu dilontarkan Biden dalam pertemuan virtual dengan Putin selama dua jam pada Selasa (7/12) waktu setempat.

“Presiden Biden menyuarakan keprihatinan mendalam Amerika Serikat dan sekutu-sekutu Eropa kami atas eskalasi pasukan Rusia di sekitar Ukraina dan memperjelas bahwa AS dan sekutu-sekutu kami akan merespons dengan langkah ekonomi dan langkah lainnya yang kuat jika terjadi eskalasi militer,” demikian pernyataan Gedung Putih yang dirilis usai pertemuan virtual itu digelar.

Disebutkan Gedung Putih bahwa Biden menekankan ‘dukungan untuk kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina dan menyerukan deeskalasi dan kembali ke diplomasi’.

Menurut Gedung Putih, Biden dan Putin sepakat agar tim masing-masing menindaklanjuti pertemuan ini, dengan menggarisbawahi bahwa langkah AS selanjutnya akan dilakukan ‘dalam koordinasi erat dengan sekutu dan mitra’.

Ditambahkan Gedung Putih bahwa Biden dan pemimpin Inggris, Prancis, Jerman dan Italia menyatakan dukungan untuk integritas wilayah Ukraina.

“Presiden Biden memberi pengarahan kepada para pemimpin soal panggilannya dengan Presiden Putin, di mana dia membahas konsekuensi serius dari aksi militer Rusia di Ukraina dan perlunya deeskalasi dan kembali ke diplomasi,” sebut Gedung Putih dalam pernyataannya.

“Para pemimpin menggarisbawahi dukungan mereka untuk kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, juga perlunya Rusia mengurangi ketegangan dan terlibat dalam diplomasi,” imbuh pernyataan tersebut.

Biden juga direncanakan untuk berkomunikasi dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenksy, usai pertemuan virtual dengan Putin.

Rusia membantah rencana menginvasi Ukraina, namun citra-citra satelit menunjukkan penumpukan tentara Rusia di perbatasan yang memicu kekhawatiran pecahnya perang di Eropa.