Komplotan Pemalak Sopir Truk di Tol Jagorawi-JORR Ditangkap Polisi

Inionline.id – Polisi menangkap empat orang yang diduga terlibat dalam komplotan pemeras sopir truk yang beristirahat di beberapa baju jalan tol, seperti tol Jakarta-Merak, Jagorawi dan JORR.

“Mereka ini sudah melaksanakan aksi lebih dari 10 kali,” kata Kapolres Cilandak Kompol M Agung Permana kepada wartawan, Jumat (27/8).

Dia menerangkan, para tersangka melakukan pemantauan terhadap supir-supir truk yang melintas di jalan tol tersebut. Beberapa yang berhenti dan menepi untuk beristirahat kemudian akan dipalak.

Dalam hal ini, kata dia, kepolisian mulai melakukan penyelidikan usai supir truk yang menjadi korban aksi tersebut melapor pada Sabtu (10/7) kemarin.

“Dia incar sopir-sopir truk saja, jadi sudah satu tahun beraksi,” ucap dia.

Agung menerangkan, para pelaku memalak korban dengan uang minimal Rp20 ribu. Hal itu dilakukan terhadap banyak sopir yang menepi di kawasan tersebut.

Setiap harinya, tersangka yang masing-masing berinisial JH (29), RY (32), IR (33) dan RZ (34) telah memalak lebih dari 10 sopir.

Mereka selama ini tak terdeteksi oleh polisi karena menyewa mobil dengan tujuan untuk menghilangkan jejak. Saat ditangkap, polisi turun menemukan uang hasil pemalakan dan kendaraan sewaan sebagai barang bukti.

“Jadi mobilnya tidak terdeteksi, berganti-ganti,” jelasnya.

Namun demikian, kata Agung, selama melakukan aksinya para tersangka tak melakukan tindak kekerasan secara fisik kepada para korban. Tidak juga ditemukan senjata tajam saat penangkapan.