by

Menurut Zulkifli Hasan Amien Rais Tak Mungkin Tergantikan di PAN

Inionline.id – Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengakui pendiri Partai Ummat, Amien Rais sebagai sosok yang tak tergantikan di partai berlambang matahari ini. Zulkifli mengaku tak banyak tokoh yang seperti sosok Amien Rais di PAN.

“Apa ada pengganti Pak Amien (di PAN)? Saya jawab tidak mungkin ada yang menggantikan Pak Amien (di PAN),” ujar Zulkifli saat pidato politik dalam pelantikan pengurus DPW dan DPD PAN se-DIY, Senin (14/6).

Zulkifli menjabarkan bahwa sosok Amien Rais dikenal sebagai tokoh yang punya rekam jejak panjang. Selain seorang doktor politik dari University of Chicago, Amien Rais juga memegang jabatan penting di sejumlah bidang dan dikenal pula sebagai salah satu tokoh reformasi.

“Sosok seperti beliau (Amien Rais) tidak banyak, hanya satu atau dua seperti Buya Syafii, profesor, tokoh reformasi, lulusan Amerika Serikat, sedikit. Seperti kita-kita ini yang banyak,” ungkap Zulkifli.

Meskipun demikian, Zulkifli menjabarkan bahwa banyak tokoh baru yang bergabung di PAN. Sehingga diharapkan kader PAN tak perlu khawatir tentang ditinggal satu atau dua tokoh ke partai yang lain.

Sementara itu terkait dengan pendirian Partai Ummat, Zulkifli meminta kader-kader PAN menyikapinya seperti partai-partai baru yang muncul lainnya.

“Dengan adanya Partai Ummat, kita ucapkan Ahlan Wa Sahlan. Kehadirannya (Partai Ummat) memacu untuk berlomba-lomba dalam kebaikan,” tutup Zulkifli.