by

Satgas Covid-19 Bali Mengajak Pramuka Aktif Edukasi Masyarakat

Inionline.id РSatuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali mengajak anggota Pramuka di daerah setempat untuk terlibat aktif dalam upaya edukasi masyarakat terkait pencegahan penyebaran Covid-19, antara lain untuk #ingatpesanibu menjalankan protokol kesehatan dan program vaksinasi.

“Saya mengajak seluruh anggota Pramuka tergabung menjadi relawan dan kegiatan kami dalam mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan agar dilaporkan secara rutin sehingga perkembangan edukasi terjadi peningkatan,” kata Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Bali Made Rentin pada acara pelatihan peningkatan kapasitas relawan yang diselenggarakan BNPB di Denpasar, Senin (14/6).

Rentin berharap, para anggota Pramuka dapat menjadi agen perubahan perilaku. Dia mengakui banyak Pramuka yang telah melakukan edukasi, namun belum optimal dalam penyampaian laporan melalui aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 pada bidang tugas Lapor Program Bidang Perubahan Perilaku.

Menurutnya, kwartir nasional ingin agar 18 ribu anggota Pramuka di setiap kwartit daerah dapat berperan sebagai duta perubahan perilaku. Namun, lanjut Rentin, di Bali sendiri baru 592 orang yang masuk teregistrasi, dengan hanya belasan yang menyampaikan laporan lewat aplikasi.

“Saya sendiri yang juga Ketua Kwarda Bali sejak awal sudah sebagai Duta Perubahan Perilaku karena memang keseharian bertugas sebagai satgas, tiap hari selalu memberikan laporan berupa kegiatan edukasi dan sosialisasi yang dilengkapi dengan foto-foto,” ujar Rentin.

Rentin mendorong para anggota Pramuka di Bali untuk mendaftar sebagai Duta Perubahan Perilaku dan melakukan sosialisasi, diikuti memberi laporan secara rutin. Selain itu, anggota Pramuka juga diharapkan dapat lebih fokus mengajak lansia mengikuti vaksinasi.

“Sebagai organisasi pemuda penerus bangsa, Pramuka harus memiliki kepekaan terhadap kondisi bangsa dan negara, sehingga bisa mengambil peran utama untuk ikut memberi sumbangsih kepada bangsa dan negara,” kata Rentin.

Merespons perkembangan Covid-19 yang sudah lebih landai di Bali, Rentin menyatakan akan berupaya terus mempertahankan kondisi itu, serta menurunkan tingkat penularan secara maksimal. Sehingga, masyarakat dapat kembali beraktivitas dan memulihkan perekonomian Bali.

“Semua ini terjadi karena kerja keras bersama, kerja gotong royong semua pihak, baik pemerintah, satgas, masyarakat, dan organisasi kepemudaan, termasuk di dalamnya Pramuka,” katanya.

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas relawan yang diselenggarakan BNPB tersebut bertujuan merevitalisasi seribu relawan pada 14-19 Juni 2021. Materi yang diberikan mencakup pencegahan, penyebaran dan kebijakan 3M, gerakan 3T, semangat kerelawanan, teknik berkomunikasi efektif, dan penggunaan instrumen monitoring Relawan Bersatu Lawan Covid.