by

Apa yang akan Terjadi Pada Hand Sanitizer yang Disimpan Lama di Mobil?

Inionline.id – Pada masa-masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan melakukan perubahan perilaku. Sejumlah kebiasaan penting adalah menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker, serta menjaga kebersihan tangan.

Menjaga kebersihan tangan bisa dilakukan dengan cara sering mencuci tangan. Alternatif lain yang mudah dibawa untuk membersihkan tangan adalah dengan membawa hand sanitizer.

Pentingnya penggunaan hand sanitizer ini membuat sejumlah orang selalu membawanya ke mana-mana. Tak jarang beberapa orang juga berjaga-jaga dengan meletakkannya di banyak tempat.

Salah satu tempat yang biasa digunakan orang untuk menaruh dan membawa hand sanitizer adalah di mobil. Namun sebenarnya apakah aman menaruh hand sanitizer di mobil terutama dalam waktu yang lama?

Dilansir dari The Health Site, sebenarnya tidak ada masalah jika kamu menyimpan hand sanitizer di mobil. Hanya saja perhatikan tanggal kedaluwarsa dari produk ini.

Pastikan Disimpan secara Tepat

Ketika hand sanitizer sudah melewati tanggal kedaluwarsa, kandungan alkoholnya bakal menguap dan turun dari yang sebelumnya 60 persen. Hal ini kemudian bisa membuat hand sanitizer menjadi tidak efektif.

Hand sanitizer yang masih dalam kondisi tersegel dan tertutup bisa membuat proses penguapan di dalamnya bakal melambat. Walau begitu, meletakkannya di mobil dalam temperatur tinggi bisa membuat penguapan alkohol menjadi lebih cepat.

Pada hand sanitizer buatan rumahan, konsentrasi alkohol yang dimiliki lebih rendah sehingga tidak begitu awet. Selain itu, ada juga kandungan hidrogen peroksida yang ketika terpapar sinar ultraviolet bisa berubah menjadi air sehingga jadi tak efektif.

Dampak Panas pada Hand Sanitizer

Pastikan untuk menyimpan hand sanitizer pada suhu yang tepat terutama lindungi dari suhu yang terlalu panas. Jika meletakkannya di mobil, pastikan simpan di tempat dengan suhu cukup rendah serta terlindung dari cahaya matahari secara langsung.

Udara terlalu panas juga tidak hanya menyebabkan kandungan alkohol pada hand sanitizer mengalami penguapan. Pada kondisi tertentu, hal ini bahkan bisa berujung pada ledakan. Walau begitu, risiko dari hal ini cukup kecil namun tetap harus diwaspadai.