Survei Indikator: 42,8 Persen Anak Muda Tak Mempunyai Pilihan Partai Politik

Politik057 views

Inionline.id – Indikator Politik Indonesia merilis temuan suara anak muda tentang isu-isu sosial, politik bangsa. Dari faktor pilihan partai, sebanyak 42,8 persen anak muda tidak punya pilihan partai.

“42,8 persen anak muda tidak punya pilihan. Bisa jadi mereka tidak mau nyoblos, bisa jadi mereka belum tahu betul mereka akan memilih siapa,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara daring, Minggu (21/3).

Walaupun demikian dia mengatakan anak muda masih memiliki preferensi. Sebanyak 16 persen anak muda memilih partai Gerinda, kemudian disusul PDI-P 14,2 persen.

“Di antara partai-partai yang ada, pilihan lebih banyak pada Gerindra dan PDIP, kemudian Golkar, PKS, dan Demokrat. Partai lain lebih sedikit dipilih oleh anak muda,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan sosio demografi, anak muda di pedesaan dan perkotaan lebih banyak memilih Partai Gerinda. Kemudian dari sisi daerah anak muda Sumatera juga lebih memilih partai yang dipimpin Prabowo Subianto.

Diketahui Survei Indikator Politik Indonesia digelar pada 4-10 Maret 2021. Survei dilakukan melalui sambungan telepon dengan responden. Sebanyak 1200 responden berusia 17-21 tahun. Margin of error survei kurang lebih sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.