by

BKSDA Jambi Mengamankan Buaya Senyulong Sepanjang 4 Meter yang Dipelihara Warga

Jambi, Inionline.id – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi mengamankan seekor buaya senyulong seberat 400 kilogram dan panjang 4 meter. Buaya berjenis laki-laki itu diamankan oleh petugas setelah sempat dipelihara oleh warga.

“Kita amankan buaya ini setelah ada laporan dari masyarakat, dari hasil laporan itu kita bergerak ke lokasi rumah warga yang memelihara buaya itu, di sana ternyata buaya ini sudah cukup lama dipelihara, dan sudah besar, oleh karena itu dengan inisiatif kita, tim BKSDA Jambi langsung mengamankan buaya itu dari rumah warga untuk kita bawa,” kata petugas Polisi Hutan BKSDA Jambi, Edison, Sabtu (20/3/2021).

Hewan yang masuk dalam kategori dilindungi itu dipelihara warga di Kecamatan Muaro Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi. Saat ini buaya itu dititipkan sementara di Balai KSDA Jambi.

“Buaya ini setelah kita lakukan evakuasi, sementara satwa ini kita titipkan dulu ke pusat penitipan satwa Balai KSDA Jambi setelah itu baru kita lepasliarkan agar tidak terkejut nantinya ketika dilepasliarkan,” ujar Edison.

Edison juga berharap tak ada masyarakat menangkap atau memelihara hewan yang dilindungi. Dia mengatakan hewan yang dilindungi harus dilepasliarkan di habibatnya.

“Kita harap jika masyarakat ada yang memelihara hewan khususnya dilindungi untuk dapat menyerahkannya ke petugas BKSDA Jambi. Ini tujuannya demi menjaga kelestarian dan populasi habitat satwa yang dilindungi,” kata Edison.