Cara Mereset Password Gmail Karena Lupa Password di HP dan Komputer

Iptek257 views

Inionline.id – Terkadang, akun Gmail kita sudah tertinggal di HP atau di PC terlalu lama, kita terlupa akan passwordnya ketika ingin memindahkan akun ke perangkat baru. Hal ini kerap terjadi, mengingat kita didorong untuk membuat password sesulit mungkin agar lebih aman.

Salah satu cara untuk masuk meski lupa password adalah dengan mereset password Anda. Caranya cukup mudah, dan bisa dilakukan dari HP ataupun komputer Anda.

Berikut cara untuk mereset password di Gmail Anda, lewat HP ataupun komputer Anda. Berikut ulasannya!

Cara Reset Password di Gmail

  1. Masuk ke laman login Gmail, dan ketik nama akun Anda, lalu enter.
  2. Anda akan diarahkan untuk memasukkan password. Di laman ini, klik “Forgot Password?”
  3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan password seingat Anda. Jika password itu benar, Anda akan masuk ke laman Gmail. Jika salah, akun Anda akan mengalami recovery.
  4. Google akan mengirim Anda notifikasi. Notifikasi itu berupa arahan untuk mengecek ponsel Anda. Google akan meminta persetujuan Anda untuk mengirim kode ke nomor telepon seluler yang Anda setting di akun Anda. Anda akan diberi pilihan pengiriman kode melalui SMS atau telepon. Jika Anda tidak mau dihubungi Google atau sedang tak bawa ponsel, bisa klik ‘try another way’ yang ada di bagian bawah. Kode recovery akan dikirim ke email recovery yang juga wajib Anda isi di setting. Jika tetap tidak bisa, Anda akan diminta akun email yang bisa Anda akses untuk kode recovery.
  5. Jika kode recovery sudah Anda dapatkan, masukkan kode di laman recovery.
  6. Jika sudah, Anda akan diminta Google membuat password baru. Kali ini, catat dan simpan baik-baik agar hal ini tak terjadi lagi.