Sandiaga Uno Ngantor di Bali, Membawa 3 Program Pulihkan Pariwisata

Ekonomi057 views

Inionline.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno resmi berkantor di Bali. Ia ‘hijrah’ dari kantornya di Jakarta dengan membawa sedikitnya tiga program untuk mendorong pemulihan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di pulau dewata.

Pertama, penerapan program Free Covid-19 Corridor (FCC) sebagai salah satu upaya mendatangkan wisatawan mancanegara.

Ia mengungkapkan rencana tersebut mencontoh apa yang dilakukan di Morowali, Sulawesi Tenggara, di mana pemerintah mendatangkan tenaga kerja asing (TKA) yang sudah divaksinasi.

“Saya akan mempelajari. Jika seandainya ini mendapatkan dukungan dari semua, mari kita dorong dalam pilot project ini. Jadi, mulainya dulu seperti apa, nanti teman teman sini yang akan diskusi,” ungkapnya seperti dilansir dari Antara, Jumat (29/1).

Kedua, program soft loan atau pinjaman lunak yang diusulkan sebesar Rp9,9 triliun. Sandi menyebutkan pinjaman ini merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional, serta untuk membangkitkan lokomotif pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

Ketiga, program vaksin afirmasi, yakni agar Bali mendapatkan perhatian khusus untuk alokasi vaksin covid-19.

“Ibaratnya anak yang sekarang dalam keadaan kurang sehat, padahal Bali selama ini menopang 55 persen pada pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” ucapnya.

Seperti diketahui, Sandiaga Uno resmi berkantor di Bali sejak kemarin (28/1). Hal ini, menurut Sandi, akan memberinya kesempatan untuk melihat, mendengar, dan merasakan langsung keluhan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

Menurut dia, pandemi covid-19 telah menggerus industri pariwisata di pulau tersebut. Berdasarkan pantauannya, sejumlah kawasan pantai terlihat sepi wisatawan. Begitu pula dengan kawasan pertokoan.

Kondisi ini kontras sebelum pandemi covid-19 merebak. Bali, kata dia, selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.