Usai Blusukan ke Karawang, Jokowi Klaim Harga Beras dan Cabai Turun

Ekonomi857 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim sejumlah harga bahan pokok seperti beras hingga cabai mengalami penurunan.

Hal itu ia katakan saat blusukan ke Pasar Baru Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5).

Jokowi mencontohkan harga beras lokal berkisar antara Rp12 ribu-Rp13 ribu per kilogram. Kemudian satu kilo harga bawang merah Rp45 ribu, hingga harga bawang putih yang kini berkisar di antara Rp38 ribu-Rp40 ribu per kilogramnya.

“Kita cek untuk harga-harga, utamanya cabai, beras, bawang putih, bawang merah, semuanya kondisinya sudah turun,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan penurunan harga itu sudah cukup baik.

Selain harga yang turun, Jokowi mengatakan terkait ketersediaan, beras yang ada di Bulog sudah mencukupi karena mencapai sekitar 1,6 juta ton. Stok tersebut menurut Presiden sudah lebih dari rata-rata.

“Kalau stok di Bulog sendiri sekarang ada 1,6 juta yang biasanya kita stok itu hanya maksimal biasanya hanya 1,2 (juta) atau yang sering itu di bawah 1,2 (juta) rata-rata stok kita. Ini 1,6 (juta) stok di Bulog,” kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi juga memastikan pemerintah telah melakukan sejumlah langkah antisipasi dalam rangka menyambut musim kemarau di Indonesia.

Salah satunya dengan membangun dan membuat sejumlah sumur pompa di daerah yang mengalami kekurangan air terutama di titik-titik yang berkaitan dengan sektor pertanian.

“Kita telah mengantisipasi dengan membangun, membuat sumur-sumur pompa, di titik-titik yang kemungkinan sudah kita hitung akan kekurangan air,” ujar Jokowi.