by

Buru WN China Terpidana Mati, Polisi Mengerahkan Anjing K9

Inionline.id – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya telah menerjunkan anjing pelacak atau K9 untuk mencari keberadaan terpidana mati kasus narkoba asal China, Cai Chang Pan alias Cai Ji Fan yang kabur dari Lapas Klas 1 Tangerang.

Sejauh ini, tim gabungan yang terdiri dari Ditreskrimum, Ditresnarkoba, Brimob Polda Metro hingga Polres juga terus melakukan pengejaran.

“Dan juga sudah kita turunkan K9 di lapangan untuk melakukan pengejaran, mudah-mudahan kita menangkap kepada yang bersangkutan,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (6/10).

Yusri menuturkan saat ini area pencarian juga telah diperluas hingga ke wilayah Babakan, Bogor. Sebelumnya, pencarian sempat hanya difokuskan di wilayah Hutan Tenjo.

Di wilayah hutan itu, kata Yusri, tim gabungan menemukan pondok yang sempat digunakan Cai untuk salat.

“Ada satu pondokan tempat dia (Cai) salat pun ada, dan dari hasil kita temukan beberapa barang dan masyarakat yang di sana sempat mengobrol dengan tersangka,” tutur Yusri.

Cai Chang Pan berhasil kabur dari Lapas Klas I Tangerang, Banten dengan cara menggali tanah kamar tahanannya pada 14 September lalu.

Berdasarkan hasil penyelidikan dan gelar perkara, polisi menetapkan dua petugas lapas sebagai tersangka karena ikut membantu pelarian Cai.

Keduanya yakni wakil komandan regu (wadanru) berinisial S dan seorang pegawai kesehatan di lapas berinisial S. Atas tindakannya itu, kedua dijerat dengan Pasal 426 KUHP.