by

Prancis Akan Mewajibkan Warganya Pakai Masker di Tempat Umum-Ruang Tertutup

Inionline.id – Prancis akan mewajibkan setiap orang untuk mengenakan masker di toko-toko dan ruang publik tertutup lainnya mulai bulan depan untuk menghentikan penyebaran virus corona (COVID-19), Presiden Emmanuel Macron mengatakan pada hari Selasa.

Virus yang menewaskan lebih dari 30.000 orang di Prancis saat ini terbilang menurun. Namun menurut Macron, virus itu menyebar lagi di beberapa tempat ketika Prancis melonggarkanpenguncian dengan membuka pantai, bar dan restoran.

“Kami memiliki beberapa tanda bahwa itu akan kembali sedikit. Menghadapi itu, kita harus mengantisipasi dan mempersiapkan,” kata Macron dalam sebuah wawancara dengan penyiar Prancis, seperti dilansir dari reuters, Rabu (15/7/2020).

“Saya meminta sesama warga untuk menggunakan masker sebanyak mungkin ketika mereka berada di luar, dan terutama ketika mereka berada di ruang tertutup,” kata Macron.

“Kami akan menempatkan diri pada posisi di mana kami dapat, misalnya, menjadikannya sepenuhnya wajib sejak 1 Agustus,” tambahnya.

Hingga saat ini, Prancis telah mewajibkan orang untuk mengenakan penutup wajah pada transportasi umum dan di ruang publik di mana jarak sosial tidak dimungkinkan, tetapi belum mewajibkan penggunaan masker di toko-toko atau ruang tertutup.

Macron juga mengatakan akan menyediakan tes COVID-19 untuk semua orang, tanpa harus dirujuk oleh dokter.