Hasil Pemilihan Umum Istanbul Perkuat Lira

Internasional157 views

Inionline.id – Mata uang Turki lira dibuka menguat dibandingkan dolar AS. Penguatan ini didorong hasil pemilihan umum wali kota Istanbul dalam pemungutan suara ulang.

Oposisi kembali menang dalam pemilihan kepala daerah Istanbul. Pada Senin (24/6), dolar AS diperdagangkan 5,717 lira, naik dua persen dalam beberapa jam setelah Ekrem Imamoglu dinyatakan menang.

Imamoglu berhasil mengalahkan kandidat yang didukung Presiden Reccep Tayyep Erdogan. Hal ini menandai perubahan besar pertama pemerintahan kota selama 25 tahun terakhir.

Sekitar 10 ribu pendukung partai oposisi bergabung dalam merayakan kemenangan ini. Mereka berkumpul dalam suasana pesta setelah pengumuman kemenangan diumumkan.

Imamoglu sebenarnya sudah dinyatakan menang dalam pemungutan suara Maret lalu. Tapi karena Erdogan dan partainya AKP mendesak komisi pemilihan umum maka hasil pada Maret dianulir.

Dewan Pemilihan Umum Turki menyatakan terjadi penyimpangan dalam hasil pemungutan suara Maret. Akhirnya pemungutan suara ulang dilakukan pada Ahad (23/6).

Oposisi utama Turki mengklaim kemenangan yang menentukan dalam pemilihan wali kota yang dijalankan kembali di Istanbul pada Ahad (23/6). Hasil ini memberikan salah satu pukulan terbesar kepada Presiden Tayyip Erdogan selama 16 tahun berkuasa.

Ekrem Imamoglu, kandidat wali kota Republican People’s Party (CHP), memimpin dengan 54 persen suara berbanding 45 persen untuk kandidat Partai Keadilan dan Pembangungan (AKP) Erdogan. Sebanyak lebih dari 99 persen surat suara telah dibuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *