Senjata Optik 5P-42 Filin Milik Kapal Perang Rusia Bisa Bikin Muntah dan Picu Halusinasi

Internasional257 views

Inionline.Id – Dua kapal perang milik Angkatan Laut Rusia kini dikengkapi dengan senjata baru yang dapat membuat tentara musuh menjadi halusinasi dan bahkan muntah-muntah.

Produsen senjata, Ruselectronics, mengatakan kepada RIA Novosti bahwa senjata jenis dazzler baru bernama 5P-42 Filin itu tidak mematikan dan dibuat untuk menyilaukan dan melumpuhkan lawan.

“Ini menciptakan efek seperti strobo yang mengganggu penglihatan, secara serius menghambat kemampuan prajurit (musuh) untuk membidik di malam hari,” kata pihak Ruselectronics.

Selama uji coba, sukarelawan menggunakan senapan serbu, senapan sniper, dan senapan mesin untuk menembak target yang ditempatkan sejauh 2km dan dilindungi oleh perangkat. Mereka semua kesulitan membidik karena mereka tidak bisa melihat target.

Sekitar 45 persen sukarelawan melaporkan bahwa mereka merasa pusing, mual, dan bingung. Sebanyak 20 persen mengaku mengalami halusinasi. “Menggambarkannya seperti bola cahaya yang bergerak di depan mata (kita),” lanjut pihak produsen senjata.

Kabar senjata itu muncul di tengah tensi tinggi antara Kremlin dengan Amerika Serikat (AS) menyusul pembahasan isu perjanjian nuklir era Perang Dingin.

Rusia memutuskan menangguhkan berpartisipasi dalam Perjanjian Nuklir Jarak Menengah (INF) yang ditandatangani pada 1987 antara AS dengan Uni Soviet.

Pernyataan itu diutarakan berselang sehari setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengumumkan pemerintahan Donald Trump menangguhkan partisipasi di INF.

Presiden Rusia, Vladimir Putin menyatakan negaranya bakal meneruskan pengembangan rudal berkemampuan nuklir, termasuk senjata supersonik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *