Kerja Sama ITB dan Bukalapak Hadirkan Laboratorium Artificial Intelligence

Iptek, Pendidikan057 views

Inionline.Id – Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Bukalapak bekerja sama bangun laboratorium Artificial Intelligence and Cloud Computing Innovation Center. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir bersama Chief Executive Officer (CEO) Bukalapak Ahmad Zaky meresmikan laboratorium tersebut di aula barat ITB.

“Mudah-mudahan bisa menjadi pioneer bagi unicorn-unicorn yang lain. Para anak muda harus punya mimpi besar. Jangan takut gagal. Gagal itu hal biasa,” ungkap Nasir.

Nasir juga mengajak perguruan tinggi untuk membuka diri terhadap kalangan profesional, termasuk membuka kesempatan para praktisi memberikan kesempatan berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa.

“Kepada Bapak Rektor dan seluruh jajaran di ITB, mari kita membangun sistem pendidikan tinggi ini, dengan melihat masa depan yang lebih luas, dengan membuka diri atas kerja sama atau masukan dari para praktisi,” kata Nasir.

CEO Bukalapak, Ahmad Zaky mengungkapkan Bukalapak yang bergerak di dunia teknologi informasi sangat rentan terhadap disrupsi teknologi sebagai akibat dari cepatnya perkembangan dari pesaing usaha.

“Tantangan bagi kami saat ini adalah bagaimana mencari talenta teknologi di bidang AI (kecerdasan buatan) yang dapat betkontribusi untuk indonesia,” ujarnya.

Zaky menambahkan bahwa Bukalapak merupakan perusahan rintisan yang pertama mendirikan pusat inovasi untuk riset dan pengembangan oleh mahasiswa.

Rektor ITB, Kadarsyah Suryadi mengatakan ITB bukan hanya untuk ITB, melainkan hadir untuk kepentingan Bangsa, di antaranya melalui kerjasama dengan industri berbasis inovasi bidang IT seperti Bukalapak.

“Kerja sama ini semoga dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan bangsa di bidang teknologi dan inovasi kewirausahaan,” ujar Rektor ITB.

Hadirnya lab tersebut diharapkan mampu mengakselerasi riset dan pengembangan AI dan cloud serta bidang-bidang yang beririsan agar dapat diterapkan secara nyata, sehingga para peneliti dapat berkolaborasi untuk menghasilkan penemuan knowledge baru hasil proses data analytics, teknologi AI, cloud, dan Internet of Things (IoT).

Pusat-Inovasi AI dan cloud ini dapat diakses dan terbuka bagi seluruh civitas akademika ITB. Selain itu, ITB juga meluncurkan Base Station 4G dengan nama Infinitebe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *