WhatsApp Segera Hadirkan Fitur Otentikasi Sidik Jari

Iptek157 views

Inionline.Id – WhatsApp dikabarkan tengah melakukan uji coba fitur terbarunya yautu otentikasi sidik jari srbagai sistem keamanan penggunanya.

Fitur sidik jari ini nantinya akan melindungi akun WhatsApp secara keseluruhan. Seperti membuka atau mengunci smartphone, fitur ini akan muncul begitu pengguna mengetuk ikon aplikasi WhatsApp. Bakal muncul autentikasi sidik jari pengguna.

Fitur autentikasi sidik jari ini tidak dipakai untuk mengunci obrolan dengan kontak tertentu yang ada di dalam jaringan WhatsApp pengguna.

Fitur WhatsApp ini pertama kali ditemukan setelah WhatsApp merilis update WhatsApp for Android 2.19.3 untuk Beta Program di Google Play. Metode otentikasi terbaru ini akan memanfaatkan aplikasi pengunci perangkat pihak ketiga yang cukup populer bernama redundant.

Fitur ini sedang dalam tahap alfa. Artinya, WhatsApp sedang mengujinya di internal perusahaan, sejauh mana fitur pelindung akun ini bekerja dan bagaimana kekurangannya dan WhatsApp berusaha meningkatkan kinerja fitur ini.

Setelah melewati tahap pengujian alfa, biasanya akan mencapai tahap beta, atau pengujian fitur yang melibatkan luar perusahaan, yakni beberapa pengguna WhatsApp terpilih.

Jika telah resmi meluncur nanti, pengguna bisa menemukan fitur otentikasi sidik jari dengan membuka “Setting” – “Akun” – “Privasi”.

Di bagian bawah akan muncul sub-menu “Authentication”, yang bisa diaktifkan dengan mencentang kotak hijau di kanan.

Setelah aktif, maka aplikasi WhatsApp sepenuhnya akan terlindungi karena untuk membukanya, baik dari aplikasi, maupun notifikasi dibutuhkan otentikasi sidik jari yang telah didaftarkan.

Jika WhatsApp kesulitan mendeteksi sidik jari, pengguna tak perlu khawatir. Sebab, otentikasi juga bisa menggunakan kredensial dari perangkat.

WABetaInfo menuliskan, fitur sidik jari ini akan tersedia di perangkat Android yang minimal menjalankan Android Marshmallow atau yang lebih baru dari sistem operasi tersebut. Belum jelas kapan fitur ini bakal hadir secara publik untuk pengguna WhatsApp. Meski diuji coba di versi Android, fitur ini juga akan hadir bagi pengguna iOS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *