Kulit Terasa Gatal Pada Malam Hari? Begini Cara Mengatasinya

Kesehatan757 views

Inionline.Id – Gatal-gatal yang terasa pada kulit tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi kalau rasa gatal ini muncul di malam hari saat sedang tidur. Bukan hanya mengganggu aktivitas, kulit gatal di malam hari bisa mengganggu kualitas tidur Anda.

Penyebab kulit gatal di malam hari ini bermacam-macam, salah satunya bisa terjadi akibat dermatitis atau eksim. Selain itu, penyebab lain yang lebih umum terjadi adalah akibat perubahan mekanisme alami di dalam tubuh. Fungsi-fungsi ini berubah hanya saat malam hari.

Misalnya, suhu tubuh Anda dan aliran darah di kulit Anda meningkat di malam hari, sehingga menghangatkan kulit. Kenaikan suhu di kulit ini bisa membuat Anda merasa gatal.

Pelepasan zat-zat tertentu dari tubuh juga bisa berubah di malam hari, contohnya pada pelepasan sitokin. Sitokin adalah sekumpulan protein yang terlibat dalam pembentukan sistem imun.

Di malam hari, tubuh bisa melepaskan lebih banyak sitokin, sehingga akan meningkatkan risiko terjadinya peradangan. Sementara, produksi kortikosteroid (hormon yang mengurangi peradangan) justru melambat. Alhasil, kondisi ini juga akhirnya bisa menimbulkan kulit gatal pada malam hari.

Dikutip dari hellosehat, begini cara mengatasi kulit gatal di malam hari:

Gunakan pelembap kulit

Selain krim anti gatal, kulit juga tetap membutuhkan

pelembap untuk mengatasi masalah ini. Pilihlah pelembap yang tepat untuk kulit, yang bahan aktifnya bisa melawan kekeringan di kulit, seperti urea.

Urea adalah zat alami yang membuat sel-sel kulit terhidrasi. Dengan terhidrasinya kulit, ini sekaligus bisa mencegah timbulnya sensasi gatal yang Anda rasakan.

Gunakan krim gatal

Salah satu yang paling dibutuhkan untuk mengatasi nocturnal pruritus adalah krim anti gatal, yang tentunya tidak membuat kulit kering. Dilansir dalam laman British Association of Dermatologists (BAD), untuk mengatasi pruritus sebaiknya gunakan krim anti gatal yang juga mengandung komponen pelembap. Hindari krim anti gatal yang memiliki efek kering.

BAD menyarankan sebaiknya menggunakan krim anti gatal yang mengandung lauromacrogols. Krim gatal yang mengandung bahan aktif lauromacrogols ini juga memiliki efek menenangkan kulit selain mengurangi gatal. Krim jenis ini bukan hanya bisa mengatasi kulit gatal di malam hari, tapi juga bisa mengatasi eksim atau dermatitis.

Gunakan obat Antihistamin

Antihistamin ini diperlukan untuk mengurangi peradangan yang terjadi akibat reaksi alergi yang memicu timbulnya gatal-gatal di kulit pada malam hari. Antihistamin yang digunakan contohnya seperti diphenhydramine, hydroyzine dan juga promethazine.

Bersihkan tubuh sebelum tidur

Mandilah menggunakan air dingin atau suam kuku sebelum pergi tidur. Ini adalah perawatan paling sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

Gunakan sabun yang bebas pewangi, dan pilih sabun yang tidak mudah membuat kulit kering, Pilih sabun yang dapat membantu menghidrasi kulit sehingga kelembaban kulit tetap terjaga.

Contohnya, sabun yang mengandung minyak kedelai dan minyak alpukat. Minyak tersebut kaya akan emolien alami (pelembut kulit) sehingga membantu menjaga kelembapan dan kadar air di kulit sehingga kulit tidak mudah kering. Jika kulit mudah kering, maka kulit lebih mudah mengalami gatal-gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *