Serangan Udara Mematikan AS, Tewaskan 52 Militan di Somalia

Internasional157 views

Inionline.Id – Pasukan Amerika Serikat melakukan serangan udara di Somalia yang menewaskan 52 militan Al-Shabab. AS mengklaim pihaknya melakukan serangan karena mereka membantu militer Somalia yang diserang anggota kelompok Al-Shabab.

Dilansir dari The Guardian, Minggu (20/01), pihaknya menerima pernyataan Komando Afrika, yang mengatakan pasukan Somalia diserang oleh “kelompok besar” ekstremis yang terkait al-Qaida di dekat Jilib di wilayah Juba Tengah.

Kelompok Al-Shabab mengendalikan sebagian besar pedesaan Somalia selatan dan tengah. Mereka terus melakukan serangan terhadap militer dan pemerintah di ibu kota, Mogadishu, dan di sejumlah tempat lain. Teroris tersebut juga mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan di sebuah kompleks hotel mewah di Nairobi, Kenya pada Selasa 16 Januari 2019.

AS secara intensif telah meningkatkan serangan udara terhadap al-Shabab di Somalia sejak Donald Trump menjabat, melakukan setidaknya 47 serangan seperti itu tahun lalu. Beberapa telah menargetkan pemimpin puncak atau pejabat keuangan utama kelompok itu. Kelompok ekstremis tersebut mendanai serangannya dengan jaringan luas “perpajakan” dan pemerasan.

Pada Oktober, AS mengatakan serangan udara menewaskan sekitar 60 ekstrimis di dekat komunitas Harardere yang dikendalikan Al-Shabab di provinsi Mudug di bagian tengah negara itu.

Sementara itu, kelompok Al-Shabab menegaskan melalui kantor berita Shahada bahwa serangannya terhadap dua pangkalan militer Somalia dan menewaskan sedikitnya 41 tentara. Mereka menggambarkan lokasi serangan merupakan daerah Bar Sanjuni yang dekat kota Pelabuhan Kismayo.

Lalu, di negara tetangga Ethiopia, televisi pemerintah mengutip Kementerian Pertahanan mengatakan lebih dari 60 militan Al-Shabab terbunuh dan empat kendaraan yang sarat dengan bahan peledak telah dihancurkan.

Ethiopia berkontribusi besar mengirim pasukan untuk misi menjaga perdamaian Uni Afrika multinasional di Somalia, negara itu memiliki pasukan di sana secara independen di bawah komando tentara Ethiopia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *