Jelang Debat, Timses Kedua Kubu Nyatakan Kedua Capres-Cawapres Sudah Siap

Nasional, Politik057 views

Inionline.Id – Debat Capres 2019 yang pertama  akan dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis, 17 Januari 2019 bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta. Peserta debat yakni pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Tema yang diangkat pada debat pertama adalah hukum, HAM, terorisme dan korupsi.

Debat capres berlangsung selama 90 menit dibagi ke dalam enam segmen. Segmen pertama nantinya setiap pasangan calon akan memaparkan visi misi dengan durasi 23 menit 15 detik untuk keduanya.

Segmen kedua akan berisikan pendalaman visi misi pasangan calon. Visi misi yang didalami pada segmen kedua ini yakni tentang isu hukum dan ham selama 15 menit 30 detik untuk kedua pasangan.

Pada segmen ketiga, pasangan calon juga akan mendalami visi misi tentang isu korupsi dan terorisme. Mereka diberikan waktu selama 15 menit 30 detik

Segmen keempat setiap pasangan calon akan saling bertanya dengan durasi waktu 13 menit. Selanjutnya, segmen kelima juga akan berlangsung saling tanya antar pasangan dengan durasi 13 menit.

Segmen keenam, akan diisi dengan pernyataan penutup dari kedua pasangan calon. KPU memberikan waktu selama 11 menit 30 detik untuk keduanya.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, menilai persiapan capres dan cawapresnya sudah mantap.

“Jelang debat malam ini, Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma’ruf sudah mantap atau bahasa gaul saat ini, sudah mantul, mantap betul,” kata Ace.

Menurut Ace, keduanya akan berdebat tanpa beban karena memiliki rekam jejak yang baik dan tidak dibebani kasus-kasus pelanggaran HAM berat.

“Ibarat lomba lari cepat pasangan kami tidak harus memikul ransel dengan beban yang berat. Kakinya juga bergerak lincah tanpa tertahan kasus-kasus. Inilah yang membuat pasangan mantul,” lanjut Ace.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso mengatakan, Prabowo-Sandi siap menjawab apapun yang akan ditanyakan kubu Joko Widodo-Ma’ruf Amin di debat capres nanti.

Menurut Priyo, Prabowo siap menjawab seandainya kubu Jokowi menanyakan kasus pelanggaran HAM. Priyo mengatakan, permasalahan pelanggaran HAM yang kerap dikaitkan dengan Prabowo sudah tuntas.

“Pertanyaan apapun beliau siap. Bisa saja (ditanya soal pelanggaran HAM), akan ditanya soal apapun, natural akan kita jawab,” kata Priyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *