Beberapa Fitur Android Q Telah Dibocorkan

Iptek057 views

Inionline.Id – Google sebelumnya mengatakan preview pengembang Android Q pertama akan mendarat menjelang pertengahan Maret. Namun, tim XDA mengaku telah mendapatkan build awal dari Android Q.

Bocoran pertama, Android Q menawarkan sistem mode gelap di keseluruhan sistemnya. Hal ini tentunya membantu penggunaan daya yang lebih rendah serta membantu mata dalam menatap layar ponsel di malam hari.

Pengguna hanya perlu menuju ke menu pengaturan Tampilan dan tekan opsi “Set Dark Mode”. Setelah diaktifkan, semuanya dari panel notifikasi hingga sakelar peluncur bawaan, berubah dari sebelumnya putih menjadi abu-abu gelap. Untuk memastikan pengalamannya konsisten, Google juga menyertakan sedikit kode yang memungkinkan mode gelap di dalam aplikasi yang tidak mendukungnya secara bawaan. Dengan demikian, smartphone dengan tampilan OLED akan mengalami peningkatan besar pada masa pakai baterai.

Selain itu, Android juga memfokuskan pada privasi penggunanya. Pembaruan mencakup Perizinan yang benar-benar diubah. Dari aplikasi Pengaturan, pengguna sekarang dapat melihat izin masing-masing aplikasi secara individual. Ini dipasangkan dengan opsi untuk membatasi penggunaan izin hanya saat aplikasi dibuka.

Jika aplikasi saat ini menggunakan lokasi perangkat, pengguna dapat melihat ikon lokasi ketika mereka menurunkan tab notifikasi. Mengetuk ikon akan memunculkan daftar aplikasi yang saat ini menggunakan informasi tersebut.

Selain itu pada pengaturan juga terdapat opsi aksesibilitas seperti “Time to take action” dan “Time to read”. Yang pertama memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasi berapa lama menampilkan pesan yang meminta Anda untuk mengambil tindakan. Yang terakhir memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi durasi notifikasi head-up biasa yang tidak memerlukan tindakan segera.

Lalu juga ada fitur menarik pada developer option ada menu terbaru bernama “Desktop mode”. Fitur ini diduga mampu menampilkan Android dalam bentuk desktop seperti Samsung DeX. Sayangnya saat ini menu/setting tersebut masih belum jadi.

Melengkapi rangkaian fitur Android Q saat ini adalah opsi “sensor off” baru, yang melakukan persis apa yang tertulis, dan dua pengaturan kunci layar baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *