Badai Usman Filipina Telan 68 Korban Jiwa

Internasional057 views

Inionline.Id – Hantaman badai tropis melanda sebagian wilayah Filipina , tak lama setelah perayaan Natal. Bencana alam tersebut menyebabkan 68 orang tewas, dan menurut otoritas setempat, diperkirakan jumlahnya masih bisa bertambah.

Sebanyak 57 orang tewas di wilayah Bicol yang bergunung-gunung, di sebelah tenggara Manila, sementara 11 orang tewas di Pulau Samar dan tercatat sebanyak 17 orang dinyatakan hilang.

Sebagian besar karena tanah longsor dan tenggelam dalam banjir, lapor pejabat sipil setempat. Hingga kini lebih dari 40.000 orang mengungsi di seluruh negeri karena badai.

“Saya khawatir ini (angka kematian) akan terus naik karena ada banyak daerah yang masih harus kami bersihkan,” kata Claudio Yucot, Direktur Pertahanan Sipil Bicol, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia.

Dilaporkan AFP, gangguan cuaca lokal bernama Usman itu melanda Filipina pada Sabtu 29 Desember. Meskipun tidak memicu angin kencang layaknya topan, badai tersebut membawa hujan lebat yang menyebabkan banjir dan memicu tanah longsor di beberapa daerah.

Banyak warga gagal menyelamatkan diri, karena menurut sistem peringatan badai nasional Filipina, Usman tidak cukup kuat untuk dinilai sebagai topan.

“Orang-orang terlalu percaya diri karena mereka dalam suasana liburan (Natal) dan tidak ada peringatan topan tropis,” kata Yucot.

Sebagai informasi, rata-rata ada 20 topan dan badai menyerang Filipina setiap tahun, menewaskan ratusan orang. Bahkan Topan Super Haiyan pernah menghilangkan lebih dari 7.360 nyawa penduduk di seluruh Filipina pada 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *