Perpustakaan Digital Budaya Indonesia Tambah Info Kuliner Terbaru

Iptek1257 views

Inionline.Id – Perpustakaan Digital Budaya Indonesia menambah koleksi baru informasi tentang jenis ragam budaya negeri. Dari total 47 ribuan jenis, lebih dari setengahnya ialah kuliner daerah. Perpustakaan bisa diakses di laman www.budaya-indonesia.org.

Dalam rangka acara Datathon #NusaKuliner 6.0, panitia acara yang disebut Sobat Budaya berhasil menambah informasi sebanyaj 2.200 data baru terkait makanan dan minuman di penjuru nusantara.

Dari total 47 ribu jenis informasi yang ada, terdapat sebanyak 30.050 informasi tentang makanan dan minuman tradisi Nusantara.  Selain itu, terdapat 1.424 alat musik, 2.641 cerita rakyat, 1.225 motif kain. Kemudian ada 1.387 musik dan lagu, 570 naskah kuno dan prasasti, 736 ornamen, 543 jenis pakaian tradisional, 1.063 permainan tradisional, 1.545 produk arsitektur.

Hokky Situngkir, pembina Komunitas Sobat Budaya mengatakan, informasi itu disimpan untuk kemudian diolah sebagai data yang bisa diekstrak sedemikian rupa. “Sehingga menjadi sesuatu yang memperkaya khazanah dunia di era informasi” ungkapnya.

Pengunjung bisa dengan bebas mencari kata kunci yang ingin dicari informasinya. Misal mencari kuliner, nantinya akan keluar ragam informasi kuliner yang ada di nusantara.

Sobat Budaya merupakan komunitas pemuda yang berupaya melestarikan budaya tradisional Indonesia melalui Gerakan Sejuta Data Budaya. Program itu bagian dari pembangunan Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI).

Gerakan yang berawal dari Kota Bandung ini diluncurkan pertama kali di Istana Negara pada 13 Desember 2011. Anggota komunitasnya kini telah berkembang dan merambah di beberapa daerah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *