Pemalsuan Umur, Pesepakbola India Diskorsing 6 Bulan

Inionline.Id – Penyerang Jamshedpur FC, Gourav Mukhi, sempat menghebohkan publik India pada saat menciptakan rekor sebagai penyerang termuda yang mencetak gol di Liga Super India.

Mukhi, yang tercatat masih berusia 16 tahun saat itu, mencetak gol penyama skor menjadi 2-2 ke gawang Bengaluru FC Oktober lalu.

Bahkan ia sempat menuai pujian dari Tim Cahill Legenda Timnas Australia yang menjadi lawannya di laga tersebut.  “Ini momen terbaik sepanjang hidupmu,” kata Cahill kepada Mukhi.

Namun roda nasib berputar untuk dirinya. Mukhi kini dihukum Federasi Sepakbola India (AIFF) karena terbongkar telah memalsukan identitasnya. Ia ternyata bukan berusia 16 tahun, melainkan jauh lebih tua yakni 28 tahun.

“Komite Disiplin Federasi Sepak Bola India (AIFF) menjatuhkan skorsing enam bulan pada pemain Jamshedpur FC Gourav Mukhi dengan segera. Komite Disiplin AIFF menyatakan pemain Gourav Mukhi bersalah atas dasar bukti yang diajukannya, pengakuannya, dan pernyataan Manajer Akademi U-16 AIFF pada tahun 2015,” AIFF menyatakan.

AIFF pun meminta registrasi Mukhi dicabut. “Komite Disiplin AIFF juga mengamati, pendaftaran Gourav Mukhi yang ada, baik dalam Sistem Registrasi Pusat (CRS) maupun Sistem Manajemen Persaingan (CMS) harus dibatalkan dan dicabut dengan segera, dengan kebebasan pada pemain atau klub yang sesuai, untuk menyerahkan dokumen asli yang sah dan valid untuk pendaftaran baru di bawah CRS dan CMS. ” tambah AIFF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *