Paduan Suara Jakarta Youth Choir (JYC) Raih Juara Umum Dengan Nilai Sempurna di Roma

Inionline.id – Paduan Suara Jakarta Youth Choir (JYC) berhasil memborong lima penghargaan di Festival Internazionale Chorus Inside Advent ke-34 di Roma, Italia. Festival yang diikuti oleh kelompok paduan suara dari Italia, Prancis, Kroasia, Amerika Serikat, Romania, Ghana, Rusia, Polandia dan JYC dari Indonesia ini digelar pada 1-3 Desember 2018.

Konser pembukaan kompetisi dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Desember 2018 di Pantheon, salah satu ikon bersejarah kota Roma yang dibangun pada abad pertama masehi.

Dalam penampilan tersebut, JYC tampil menakjubkan danĀ  mendapatĀ standing ovation. Presiden Chorus Inside International Davide Recchia menyatakan kekagumannya terhadap JYC yang meraih juara umum atau Grand Prix dengan nilai sempurna 30/30.

“Untuk pertama kalinya, para juri memberikan nilai sempurna kepada satu peserta. Ini sangat mengesankan,” kata Davide Recchia.

Davide mengaku terkesan kepada JYC yang telah merepresentasikan bahwa musik dapat menjadi pemersatu berbagai negara dan kepercayaan untuk menghasilkan suatu karya yang indah.

Dewan Juri yang terdiri dari Pasquale Veleno dari Italia, Giselle Elgarresta Rios (AS), dan Ines Kovacic Drndic (Kroasia) juga memberikan penghargaan kepada JYC sebagai juara Kategori Folklore, Sacred dan Mixed, Golden Diploma Kategori Musik dan Koreografi, serta Special Award untuk Koreografi Terbaik dan Konduktor Terbaik, yaitu Septo Adi Kristanto Simanjuntak.

Dalam festival ini, paduan suara binaan Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemprov DKI Jakarta ini menyanyikan lagu-lagu daerah. Ada lagu Soleram, Jali-Jali, Toki Tifa, Hela Rotan, Bungong Jeumpa, dan Yamko Rambe Yamko.

Selain itu, mereka juga menyanyikan lagu-lagu klasik O Nata Lux, Cantate Domino, dan Gloria Patri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *